Rem Jangkar Kapal Tak Kuat Menahan, Api Berkobar Besar

Video rem jangkar kapal terbakar
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @say.viideo

VIVA – Jangkar kapal adalah alat yang digunakan untuk penambat kapal yang biasanya akan diturunkan ke dasar laut, sungai atau jenis perairan lainnya.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Dengan adanya jangkar yang mendukung kapal agar tidak dapat berpindah posisi akibat dari hembusan angin, gelombang dan arus udara.

Pada awalnya jangkar kapal ini terbuat dari karung yang sudah diisi dengan kayu log atau pasir, bisa juga diisi dengan timah agar berat dan bisa menahan kapal agar tidak bergerak. Jangkar kapal yang disoperasikan dengan mesin yang biasanya terpasang di bagian dek forecastle.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Mesin tersebut biasanya berfungsi sebagai rem jangkar. Baru-baru ini ada video viral di instagram yang memperlihatkan sebuah rem jangkar pada kapal tidak cukup menahan rantai jangkar yang besar.

Video viral tersebut di unggah oleh akun Instagram @say.video, di dalam video tersebut disematkan sebuah kalimat mengenai isi konten yang merupakan ketakutan awak kapal ketika sedang menurunkan jangkar panjang.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

“Hal semacam inilah yang ditakuti awak kapal saat menurunkan jangkar ke dasar laut.”

Video memperlihatkan dua awak kapal yang sedang menurunkan jangkar kapal ke laut, mereka melakukan secara perlahan, tetapi beberapa detik kemudian mesin dek yang menjadi rem jangkar tak kuat menahan jangkar dan membuat jangkar langsung melesat jatuh dengan kencang ke bawah laut.

Kecepatan jangkar yang turun tersebut membuat percikan api yang besar di kapal tersebut, terlihat merah api yang membara dan asap yang terus mengepul, itu semua keluar dari mesin dek yang menjadi rem jangkar kapal.

Api yang membara dan kepulan asap hilang ketika seluruh bagian jangkar kapal sepenuhnya tertarik dan tenggelam ke dasar laut.

Penjelasan singkat juga di tuliskan dalam caption unggahan video @say.video:

“Rem pada jangkar tidak cukup kuat menahan rantai jangkar yang besar, alhasil muncullah percikan api akibat gesekan pada besi jangkar.” Tulisnya.

Ia juga menekankan kembali bahwa kejadian ini merupakan hal yang sangat ditakuti oleh awak kapal:

“Parahnya lagi jangkar pun jatuh ke laut, Hal inilah yang selalu ditakuti para awak kapal saat penurunan jangkar ke dasar laut.”

Unggahan mengenai kapal jangkar tersebut juga banyak menerima komentar dari netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya