Viral Video Ular Pemersatu Keluarga Diduga Ular Tanah

Ular tanah atau malayan pit viper
Sumber :
  • Instagram: dagelanviral & iStock

VIVA Trending– Ular yang diduga jenis ular tanah atau calloselasma rhodostoma ini viral di media sosial setelah seorang pria menemukan dan mengabadikannya melalui video, ular tersebut terlihat sedang berteduh di sebuah ekskavator di lahan proyek.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Video tersebut pun viral di beberapa media sosial, di antaranya diunggah oleh akun dagelanviral dan say.viideo di Instagram pada Senin 4 Juli 2022. “itu ular pemersatu keluarga, setelah kepatok banyak sodara dan teman pada ke rumah abang,” tulis caption pada unggahan dagelanviral.

Terlihat dalam cuplikan video berdurasi 35 detik itu, seorang pria terdengar heran setelah menemukan seekor ular berwarna putih sedang berteduh di eskavator. Pria tersebut menanyakan kepada teman-temannya perihal jenis ular tersebut

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

“Bentuknya aneh, kepalanya agak lancip seperti panah. Buat abang-abang operator yang tau bisa diinfokan ular apa ini, soalnya saya gak tau,” ucap seorang pria yang merekam video

Ular tanah atau malayan pit viper

Photo :
  • ResearchGate
Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Ular tanah atau Malayan Pit Viper

Jika dilihat dari bentuk tubuh ular dan bentuk kepalanya yang dikatakan lancip ‘menyerupai anak panah’ ular tersebut merupakan jenis ular tanah, atau dalam bahasa inggrisnya disebut ‘malayan pit viper’. Ular ini tidak memiliki tubuh yang terlalu besar dan cenderung gemuk.

Menukil laman Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta, ular tanah Merupakan sejenis ular keluarga beludak berbisa yang amat agresif, ular ini termasuk ke dalam anak suku Crotalinae (bandotan berdekik). Ular ini dikenal dengan nama lokal antara lain: bandotan bedor, oray lemah, ular gibug (Sunda), ular edor (Karimunjawa), dan lain-lain.

Panjang rata-rata ular tanah adalah 76 cm, yang betina lebih panjang dari yang jantan, namun kadang-kadang ditemukan pula yang panjangnya mencapai 91 cm.

Ciri lainnya dari ular ini adalah punggung berwarna coklat agak kemerahan atau kemerah jambuan, sepanjang bagian tengah punggung dihiasi oleh 25-30 pasang corak segitiga besar atau coklat gelap, berseling dengan warna terang kekuningan atau keputihan.

Kepala menyegitiga dengan moncong runcing berwarna coklat gelap, dengan sepasang pita keputihan di atas mata dan pola keputihan serupa anak panah di tengkuk. Sisi kepala coklat gelap dan bibir berwarna putih abu-abu jambon, batas kedua warna itu berbiku-biku serupa renda.

Kebiasaan ular tanah

Ular tanah merupakan predator penyergap. Biasanya tampak pasif melingkar di atas tanah atau berdiam menunggu mangsanya lewat di dekatnya, satwa ini juga jarang bergerak.

Ular ini menghuni hutan belukar, semak-semak atau lahan pertanian yang lembab dan kurang terurus. Sering pula ditemukan di sekitar pemukiman.

Gigitan ular tanah sangat menyakitkan, menimbulkan pembengkakan dan kadang-kadang terjadi kematian jaringan (gangrene, nekrosis).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya