Viral Pria Bersihkan Jeroan Sapi Pakai Mesin Cuci

Viral bersihkan jeroan hewan kurban pakai mesin cuci
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Trending – Salah satu momen hari raya Idul Adha yang paling dinanti adalah momen umat muslim menyembelih hewan kurban. Banyak kejadian lucu dan menegangkan dalam prosesi penyembelihan hewan kurban.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan sebuah video pria membersihkan hewan kurban menggunakan mesin cuci. Hal ini pun menuai banyak komentar netizen.

Bersihkan jeroan pakai mesin cuci

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Mencuci jeroan memang butuh tenaga dan waktu yang ekstra. Biasanya, untuk membersihkan jeroan ini harus diremas dengan garam hingga air kapur sirih. Namun, pria ini malah mencuci jeroan babat menggunakan mesin cuci agar lebih cepat.

Diketahui bahwa peristiwa itu terjadi di Malaysia. Terlihat bahwa logat bahasa yang tertulis di akun TikTok @makey.24jey yang membagikan video tersebut.

“Beginilah setiap tahun, apa yang bisa saya lakukan dengan cepat atau lambat hahahaha,”tulis caption tersebut.

Terlihat dalam video, pria tersebut memasukkan bagian perut lembu ke dalam mesin cuci. Mengutip dari mStar, Kimi, seseorang yang mengunggah video tersebut mengatakan jika, temannya itu mencuci isi perut sapi dengan mesin cuci karena kebetulan area penyembelihan hewan kurban itu dekat dengan rumahnya. Mesin cuci itu dibawa keluar dan digunakan untuk mencuci jeroan sapi.

Video berdurasi 23 detik itu memperlihatkan pria dalam video tersebut membawa nampan berisi jeroan sapi, mulai dari babat, usus, dan sebagainya. Jeroan sapi itu masih dalam kondisi kotor.

Kemudian pria tersebut langsung memasukkan beberapa jeroan sapi ke dalam mesin cuci tersebut yang sudah diisi dengan air bersih.

Usai jeroan sapi sudah masuk semuanya, pria tersebut menyalakan mesin cuci. Terlihat isi perut sapi itu dibersihkan seperti cucian pada umumnya dan kotorannya langsung menghilang.

Kemudian pria itu langsung mengangkat jeroan sapi itu satu per satu, dan memasukkan ke dalam ember sebagai penampung sementara.

Kimi mengatakan jika ide temannya mencuci jeroan sapi menggunakan mesin cuci itu sebenarnya terinspirasi dari kebiasaan tukang jagal di sekitar kampungnya.

Menurut Kimi, tukang jagal dan penjual daging di tempatnya biasa membersihkan isi perut sapi, kerbau, atau kambing memakai mesin cuci karena memudahkan pekerjaan mereka.

Jadi tradisi

Pengakuan Kimi, membersihkan isi perut sapi pakai mesin cuci sebenarnya bukan hal yang baru. Tapi sudah jadi kebiasaan penjual daging di kampungnya yang berada di Pondok Pasir Tumbuh, Kelantan.

"Sudah lebih dari lima tahun menggunakan metode yang sama sebelumnya. Untuk menghilangkan semua kotoran dengan mudah, kami mencampurkan bahan seperti kapur yang ditambahkan sebelum dicuci. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk satu kali pencucian," kata Kimi dikutip mStar pada Kamis, 14 Juli 2022.

Meski demikian, hasil dari mencuci jeroan sapi pakai mesin cuci tidak sepenuhnya bersih dibandingkan dengan cara 'manual'. Karena itu masih perlu dibersihkan lagi.

Reaksi netizen

Video ini pun viral dan banyak menimbulkan komentar dari warganet. Tak sedikit juga yang bertanya dapat ilmu dari mana menggunakan metode ini.
Ya ampun... mesin basuhnya jadi korban,”komentar netizen di unggahan TikTok @makey.24jey.
Waduuuhh.. auto ganti mesin cuci gw mah,”komentar lainnya.
Waduh dapet ilmu dari mana ini,”komentar yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya