Viral, Warga Papua Rela Menginap Demi Ketemu Jokowi

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat meninjau Tambang Grasberg PTFI
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Trending – Mengawali kegiatan di hari ketiga kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Kamis 1 September 2022 pukul 07.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Tetapi, ada hal yang manarik sebelum kedatangan Jokowi ke Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura. Beredar video viral yang memperlihatkan warga Papua rela menginap hingga hujan-hujanan di wilayah PT Freeport Tembagapura.

Presiden Jokowi saat silaturrahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Video viral itu beredar di Tiktok dan dibagikan oleh akun Tiktok degan username franciinnee8. Merekam bahwa dirinya sedang menanti kedatangan Presiden Jokowi. Pengunggah juga menyebutkan bahwa itu merupakan penantian selama 49 Tahun.

“Penantian Selam 49 Tahun, Akhirnya Presiden Jokowi Datang ke Tembagapura, PT Freeport Indonesia” tulisnya.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Jokowi menjadi Presiden RI yang kedua mengunjungi tambang Grasberg di Papua. Presiden RI yang pertama kali datang ke wilayah Freeport adalah Presiden Soeharto yang datang pada tahun 1973.

Diketahui sebelumnya dari berita Viva, bahwa Jokowi dan Istrinya Iriana bersama rombongan, menggunakan kendaraan roda empat menuju lokasi tambang yang berada di ketinggian 3.325-4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Presiden Jokowi saat meninjau tambang Grasberg

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Setelah itu, Jokowi rencananya menuju lokasi tambang bawah tanah di OB 04 untuk meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G. Setelah itu, Kepala Negara akan menuju DMLZ underground.

Sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya