5 Mitos Kota Kediri, Bisa Bikin Presiden RI Lengser?

Simpang Lima Gumul Kediri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Trending – Kota Kediri diakui sebagai salah satu kota sakral dan merupakan kota tertua ketiga yang ada di Indonesia. Keberadaan kota ini, lebih tepatnya sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan menguasai nusantara.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Dikenal dengan kesakralan Kota Kediri, tidak heran jika kota ini memiliki banyak kisah misteri yang bahkan sampai saat ini masih dipercaya banyak masyarakat dan masih terus diperbincangkan.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri.

Photo :
  • U-Report
Ramalan Jayabaya Sebut ‘Indonesia’ Bakal Ada di Era Ini Tahun Depan

Selain menjadi salah satu kota tertua, Kota Kediri ini juga berada di tengah-tengah antara Gunung Kelud dan Gunung Wilis. Dimana kedua gunung tersebut memiliki misteri dan mitos yang juga dipercaya masyarakat Kota Kediri hingga kini.

Namun apakah keberadaan dua gunung tersebut berkaitan dengan misteri Kota Kediri? Dilansir oleh VIVA melalui kanal youtube Denjaya TV dan berbagai sumber lainnya, berikut 5 kisah misteri yang berada di Kota Kediri:

Terungkap Sumber Ilmu Ramalan yang Dimiliki Jayabaya, Ternyata Berasal dari Ulama Ini

1. Buaya Putih Sungai Brantas

Sejumlah alat peraga kampanye (APK) terpasang di tengah sungai Brantas di Kota Kediri, Jawa Timur

Photo :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Konon sungai yang sudah ada sejak zaman Empu Sendok pada masa Mataram kuno ini sering kali meminta tumbal atau korban manusia. Hal ini diperkuat dengan adanya kabar dimana berulang kali ada orang yang tiba-tiba hilang di sungai brantas.

Keberadaan buaya putih di sungai ini diyakini sebagai penyebabnya. Entah fakta atau hanya sebuah kebetulan belaka namun mitos ini lurus dengan adanya beberapa orang yang menghilang. Buaya putih ini digadang-gadang berada di Jembatan lama Kota Kediri dan di Badug Seketi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.

2. Kutukan bagi Kepala Negara

Demonstrasi Tritura tuntut pembubaran PKI di masa pemerintahan Soekarno

Photo :
  • buguruku.com

Konon kepala negara atau presiden yang memasuki kota Kediri akan mendapat kutukan dan lengser sebelum masa jabatannya berakhir.

Mitos ini berawal dari zaman penguasa kerajaan Kalingga yaitu Kartikea Singha suami Ratu Shima. Terlihat pada masa itu Kartikea menyusun kitab yang berisi tentang hukum pidana pertama di nusantara yang kemudian diberi nama Kalingga Darma Sastra dan terdiri dari 119 pasal.

Kartikea Singha juga memberikan kutukan yang berisi “Siapa kepala negara yang tidak suci benar masuk wilayah kota Kediri maka dia akan jatuh,”. Sehingga kutukan ini lah yang dipercaya masyarakat dan konon membuat kepala negara menghindari untuk berkunjung ke kota ini.

Kutukan ini dikaitkan dengan lengsernya Presiden Soekarno, BJ Habibie dan Abdul Rahman Wahid atau Gus Dur tidak lama setelah kunjungan mereka ke kota Kediri. Namun hal ini juga belum diketahui faktanya sehingga masih menjadi misteri, barang kali hal tersebut hanya sebuah kebetulan belaka.

3. Ramalan Jaya Baya

Jayabaya

Photo :
  • U-Report

Ramalan Jaya Baya merupakan ramalan yang dari tradisi jawa dan salah satu ramalan yang dipercaya ditulis oleh Raja Kerajaan Kediri yaitu Jaya Baya, maka dari itu berasal dari JayaBaya.

Ramalan ini menjadi misteri karena beberapa ramalan telah terbukti, salah satunya yaitu “Tanah Jawa berkalung besi” dimana ramalan tersebut memiliki arti Rel kereta api yang kini mengelilingi tanah Jawa.

Ramalan yang terbukti selanjutnya adalah “kejajahan sakumur jagung karo wong cebol,” perkiraan ini diyakini terbukti karena indonesia terjajah oleh Jepang.

4. Piramida Terpendam

Piramida Giza.

Photo :
  • Getty Images

Gunung Klotok yang berada di dekat Gunung Wilis ini memiliki misteri yang dipercaya masyarakat. Tim katastropik purba juga menduga, di dalam gunung ini terdapat sebuah peninggalan pra sejarah yang menyerupai candi, namun hal ini belum terbukti kebenarannya.

Hal ini dikarenakan dilihat secara kasat mata gunung Klotok ini menyerupai sebuah piramida yang unik dan tidak biasa, sehingga memungkinkan jika terdapat semacam candi di dalamnya.

5. Larangan Menikah dengan Warga Lamongan

Kota Texas di Lamongan

Photo :
  • http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

Masih misteri menjadi hinga kini, mitos yang beredar mengenai larangan pernikahan antara warga Kediri dengan warga Lamongan ini. Berawal dari kisah dua putri kembar dari adipati Kediri yaitu Dewi Andansari dan Dewi Andanwangi yang meminta dinikahkan dengan putra kembar bupati Lamongan.

Sayangnya secara tidak terduga rencana pernikahan tersebut gagal dan malah berakhir dengan peperangan antar kerajaan Kediri dan Lamongan dan hal tersebut menyebabkan bupati Lamongan meninggal.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir dari bupati Lamongan, dia memberi pesan terakhir sekaligus kutukan sehingga anak hingga cucunya nanti tidak boleh menikah dengan warga Kediri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya