Viral Aksi Pungut Sampah Suporter Jepang Usai Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Aksi pungut sampah suporter Jepang seusai laga pembuka Piala Dunia 2022
Sumber :
  • Instagram: omr94

VIVA Trending – Suporter Jepang kembali jadi sorotan di Piala Dunia 2022 Qatar, tampak mereka sukarela memunguti sampah yang berserakan di stadion, mulai dari sampah plastik, botol minuman, bungkus makanan hingga poster seusai laga pembuka Qatar kontra Ekuador, Ahad, 20 November 2022.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Aksi mereka pun viral di media sosial setelah dibagikan oleh akun Instagram @-omr94 (Omar Farooq) Senin, 21 November 2022. Pria asli Qatar yang juga seorang konten kreator itu mengaku kagum dengan sikap suporter jepang tersebut.

Timnas Jepang di Kualifikasi Piala Asia 2022 Zona Asia

Photo :
  • twitter.com/afcasiancup
Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

"Di akhir pertandingan pembuka Piala Dunia antara Qatar vs Ekuador, ada hal aneh, mayoritas orang Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion," katanya di video tersebut dalam bahasa Arab, dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Selasa.

Sontak Omar pun terkejut dan langsung menghampiri salah satu dari mereka. Dia bertanya mengenai alasan yang membuat para suporter Jepang melakukan hal itu.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

"Kami orang Jepang tidak meninggalkan sampah di belakang. Kami menghormati setiap tempat," kata perempuan Jepang yang mengenakan jersey Timnas Jepang itu.

Lebih lanjut, Omar menanyakan apa mereka melakukan itu lantaran banyak sorotan kamera. Seorang pria Jepang pun membantahnya.

“Oh, tidak. Tidak sama sekali," jawab pria Jepang yang mengenakan kaos dobel itu. Satu kaos 'kebesaran' timnas Jepang yang berwarna biru, sedang kaos yang melapisinya bergambar Tsubasa, tokoh kartun sepakbola kebanggaan Jepang. Kaos itu juga bertuliskan Syukron Qathr dengan aksara Arab yang berarti terima kasih Qatar. 

Omar pun memeluk beberapa pendukung Jepang itu sebagai bentuk terima kasih atas sikap mereka yang mampu menggerakkan banyak orang untuk mengikuti tindakan mereka.

Aksi pungut sampah suporter Jepang seusai laga pembuka Piala Dunia 2022

Photo :
  • Instagram: omr94

Unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 7 juta kali dan mendapatkan 595 ribu like dan 8.026 komentar sampai berita ini diunggah. Banyak komentar yang menaruh hormat atas tindakan tersebut.

Untuk diketahui, pertandingan pembuka berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Ekuador. Tuan rumah Qatar harus menelan pil pahit karena kekalahannya di Stadion Al-Bait, Doha. Mereka harus lebih mempersiapkan diri guna menghadapi dua tim lainnya di Grup A, yaitu Senegal dan Belanda.

Adapun Jepang pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini berada di grup E. Mereka harus bersaing dengan Spanyol, Kosta Rika, dan Jerman untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, yaitu 16 besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya