Unggah Video Tikus Ikut Rapat, Erick Thohir Diduga Sindir Koruptor

Pemilik klub basket Satria Muda, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunggah video pendek di akun Instagram pribadinya. Dalam video tersebut tampak seekor tikus kecil tertangkap kamera sedang menyelinap di tengah rapat berlangsung.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Terdapat hal menarik dalam unggahan Erick Thohir, dalam caption unggahan tersebut pria 52 tahun itu menulis beberapa kalimat yang diduga untuk menyindir jajarannya di Kementerian BUMN agar tidak berperilaku layaknya tikus alias menjadi koruptor yang merugikan negara.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Sebagai informasi tikus merupakan hewan yang identik dengan koruptor lantaran hewan tersebut secara umum kerap menimbulkan kerusakan hingga kerugian bagi manusia. Layaknya tikus, maka para pelaku korupsi alias koruptor juga dapat dikatakan sebagai pihak yang merusak tatanan dengan menghalalkan segala cara demi kepentingan pribadi.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

“Jangan sampai terjadi di BUMN, ada tikus yang juga ikut rapat,” tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Senin 12 Desember 2022.

Lebih lanjut, eks presiden klub ke-21 Inter Milan ini juga menyinggung program bersih-bersih BUMN yang konsisten ia jalankan sejak menjabat Menteri BUMN.

Diketahui, Erick Thohir menjadi yang terdepan dalam membongkar mega skandal korupsi  Asabri dan Asuransi Jiwasraya yang telah membuat kerugian besar bagi negara. Tercatat dari adanya kasus tersebut negara rugi hingga Rp 39,58 triliun. Ia juga tidak pernah ragu untuk mengevaluasi setiap pegawai Kementerian BUMN yang terbukti melakukan pelanggaran.  

“Seharusnya sih gak ada lagi takus yang berani datang, kan sudah ada program bersih-bersih BUMN.” Demikian Erick thohir.

Erick Thohir

Photo :
  • VIVA/ Cahyo Edi/ Yogyakarta

Sebelumnya diberitakan, program bersih-bersih BUMN, Erick thohir berhasil mendapat tingkat kepuasan terbaik versi lembaga survei Poltracking Indonesia. Hal ini disebabkan ketegasan kepemimpinan Erick Thohir dinilai telah memenuhi harapan masyarakat.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah mengatakan, langkah kebijakan Erick Thohir dalam melakukan ‘bersih-bersih’ BUMN sudah sangat tepat. Hal tersebut membuat penilaian positif di masyarakat semakin meningkat.

"Ketegasan Pak Erick Thohir melakukan penyelesaian hukum atas kasus-kasus di BUMN juga memenuhi harapan masyarakat," kata Piter saat dihubungi di Jakarta.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Lebih dari itu, Erick Thohir disebut menunjukkan sikap pemimpin berintegritas dengan menggandeng Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam upaya mengusut tuntas skandal korupsi tersebut. Walhasil membuat penyelesaiannya menjadi terbuka terang.

Atas dasar itulah yang membuat penilaiannya terhadap Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini semakin kuat. Karenanya dia tidak heran dalam beberapa survei kinerja Erick Thohir dinilai sangat memuaskan.

"Pandangan objektif saya, kinerja Pak Erick Thohir sebagai Menteri BUMN cukup memuaskan," terang Piter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya