Pria Ini Sebut Masjid Agung Sidoarjo Usir Jemaah Harlah 1 Abad NU

Viral Masjid Agung Sidoarjo Diduga Usir Jemaah Harlah 1 Abad NU
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Jemaah Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) Taufik mengaku tak diberi izin untuk singgah di Masjid Agung Sidoarjo. Tak hanya itu, ia mengatakan seluruh jemaah yang ingin hadir pada resepsi akbar tersebut diusir oleh Takmir (pengurus) masjid.

Sosok Pendeta yang Ajak Jemaat Gereja War Takjil, Ternyata Mantan Boyband Pesaing SM*SH

Dalam video yang pertama kali diunggah akun TikTok wisatapesantren, Taufik memperlihatkan situasi di dalam masjid yang kosong. Menurut pengakuannya semua jemaah tak diberi izin untuk singgah di dalam masjid tersebut.

Massa Nahdliyin saat acara harlah 1 abad NU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
Bikin Ngakak, Pria Ini Cium Orang yang Tertidur di Depannya Saat Hendak Sujud

“Assalamualaikum, ini Masjid Agung Sidoarjo, ini jemaah-jemaah ini diusir ini. Terus di mana fungsi masjid? Saya juga ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Probolinggo, Haji Muhammad Taufik. Nah lihat ini semua dikosongkan ini,” ujar Taufik dikutip Kamis, 9 Februari 2023

Taufik mengaku sangat kecewa atas insiden pengusiran yang ia alami. Bahkan terkait hal tersebut ia berjanji bakal melaporkan tindakan tak menyenangkan ini ke Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali.

Viral Video Perundungan di Bulukumba, Remaja Dikeroyok Empat Temannya

“Nah ini buat catatan ini nanti, saya laporkan nanti ke Pak Muhdlor, pak Bupati nanti. Kebetulan kami dari Kasi PD Pontren Kota Probolinggo ini,” jelasnya

Tampak dalam video berdurasi satu menit 8 detik tersebut, puluhan jemaah terlihat memenuhi area luar aula masjid. Namun, terkait pengusiran yang dialaminya, Taufik tak merinci apa alasan pengurus Masjid Agung Sidoarjo tak memberi mereka izin singgah.

“Lihat, ini semua dikosongkan ini, bagaimana ini, wong kami mau hadir acara 1 Abadh Nahdlatul Ulama. Ini lihat, semua orang-orang diusir,” kata pria tersebut sambil memperlihatkan kondisi sekitar

Ia pun lantas membandingkan peran masjid dan gereja yang berada di Sidoarjo, seperti diketahui beberapa gereja setempat mempersilahkan jemaah Harlah 1 Abad NU untuk singgah dan menggunakan fasilitas yang ada di gereja.

“Wong gereja saja menyediakan tempat untuk kegiatan satu abad, tolong yang ini diperhatikan ini,” demikian Taufik

Warga mengikuti pengajian dalam rangkaian Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Umarul Faruq

Sontak video tersebut pun ramai mendapatkan beragam respons dari warganet. Sejak artikel ini dibuat, video telah disaksikan lebih dari 330 ribu warganet serta dibanjiri ribuan komentar.

Beberapa warganet mengungkap bahwa hal itu sengaja dilakukan untuk menjaga masjid agar tetap bersih, sebab area dalam masjid khusus digunakan untuk beribadah. Sebagian lagi menampik adanya pengusiran.

“Memang tidak boleh bwat istirahat di dalam masjid pak ... karna di sidoarjo banyak tamu pejabat jadi klo mau sholat jadi tetap steril,” komentar salah seorang warganet

“Tgl berapa, jam berapa? karena kemarin pas tgl 7 TDK ada penutupan Krn saya dh jamaah yg lain berda di masjid agung Sidoarjo,” demikian

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya