Heboh, Ongkos Ojek di Papua Rp500 Ribu hingga 1 Juta, Sesuai Kondisi Jalan

Pengemudi ojek di Papua
Sumber :
  • TikTok

VVIA Trending – Ada banyak anggapan negatif yang beredar soal Papua. Mulai dari daerahnya yang nggak ada apa-apa kecuali hutan, orangnya yang kasar dan nggak ramah, sampai soal kehidupan di sana yang katanya mahal luar biasa. Semua anggapan ini bisa dibilang salah, tapi untuk yang terakhir itu mungkin bisa dikatakan benar.

Nekat Terobos Lampu Merah, Dua Pengendara Motor Ini Adu Banteng

Anggapan ini sejalan dengan pengakuan seorang ojek wanita asal Papua, ia mengatakan bahwa harga untuk menyewa jasanya dapat menyentuh Rp500 ribu hingga 1 juta rupiah. Sontak video yang pertama kali diunggah akun TikTok from_javaa ini-pun viral di media sosial Kamis, 9 Januari 2023.

Ilustrasi dua orang pengemudi ojek online (ojol) berbincang di Jalan.

Photo :
  • vstory
Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Diketahui video tersebut direkam di Mulia, Puncak Jaya Papua. Tampak dalam video berdurasi 59 detik itu, seorang ojek wanita berjaket kuning tengah diwawancarai oleh wanita sambil merekam video.

Diceritakan perekam video mengaku terkejut ketika ia mengetahui harga ojek di pedalaman Papua yang dapat menyentuh angka jutaan rupiah. Namun, kata dia, harga ojek di Papua kini sudah mengalami penurunan lantaran jalan banyak yang sudah diaspal.

Viral Aksi Begal Payudara Siswi SMP di Bogor, Pelaku Diduga ODGJ

“Sekarang enak teman-teman, jalan-jalan sudah diaspal. Dulu sebelum diaspal itu harganya bisa mencapai Rp 700 ribu,” ujar perekam video, dikutip Kamis 9 Februari 2023.

Lebih lanjut, wanita tersebut pun menanyakan harga ojek yang perlu dibayar dari wilayah Mulia ke Pilu dengan waktu tempuh kurang dari satu jam. “Dari sini (Mulia) ke Pilu, dengan perjalanan kurang lebih 40 menit, itu harganya berapa?” tanya perekam video

Menjawab pertanyaan tersebut, ojek wanita itu pun mengatakan bahwa harganya Rp 500 ribu. Selain itu, kata dia, harga ini dapat naik menjadi Rp 1 juta apabila perjalanan yang ditempuh mengarah ke perkampungan dengan jalan-jalan yang belum diaspal.

 “Ke kampung-kampung bisa sampai 1 juta,” jawabnya

Ilustrasi ojek online.

Photo :

Sontak video tersebut pun berhasil menarik atensi warganet. Terbukti, sejak artikel ini dibuat, video telah disaksikan lebih dari 67 ribu pasang mata dan ratusan komentar. Beberapa warganet yang tinggal di Papua pun mengungkap hal itu benar adanya.

Saya dari Mappi kalau mau ke kabupaten ongkos ojeknya bisa sampai 1,5 juta kak,” komentar salah seorang warganet

“Harusnya sesuaikan dengan kondisi jalan sekarang. Kalau dulu mah wajar, tapi sekarang jalan sudah diaspal, sudah gak wajar,” balas yang lain

“Bagaimana, bensin 1 liter Rp 50 sampai 100 ribu,” timpal warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya