Viral Video Air Laut Naik ke Daratan di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Warga Diminta Waspada!

Air laut di Makassar
Sumber :

VIVA Trending – Saat ini sebagian wilayah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan tengah diterjang banjir cukup tinggi imbas dari adanya cuaca ekstrem disertai hujan dengan intensitas sangat lebat berlangsung sejak Subuh hingga Senin 13 Februari 2023 pada pukul 11.00 WITA.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Tidak hanya satu titik, terjadinya cuaca ekstrem yang disertai air pasang laut ini pun menyebabkan terjadinya banjir hingga kemacetan di mana-mana. Parahnya, imbas dari cuaca buruk ini membuat air laut 
mengalami kenaikan, yang ukurannya sejajar dengan daratan.

Hal tersebut diketahui dari beberapa video yang beredar dan viral di media sosial baru-baru ini. Tepat pada hari ini Senin, 13 Februari 2023 dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan penampakkan air laut yang naik hingga ke daratan. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Air laut di Makassar

Photo :

Air laut ini dikabarkan terjadi di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam video yang beredar itu terdengar suara perekam saat memperlihatkan kondisi air laut yang mengalami kenaikan hingga ke daratan tengah terjadi Makassar.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Air laut sudah naik, setinggi daratan guys. Hati-hati Makassar, sudah siaga 1. Hati-hati, banyak-banyaki istighfar," kata pria dalam tayangan video singkat tersebut seperti yang dikutip VIVA.co.id dari laman Instagram @makassar_info.

Penampakkan air laut di Makassar

Photo :

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassa, sebelumnya sudah memberikan peringatan dini perihal cuaca ekstrem yang melanda Sulawesi Selatan ini diprediksi akan berlangsung pada 12 Februari hingga 16 Februari 2023 ini.

Dalam surat peringatan cuaca yang dikeluarkan BMKG Makassar ini, disebutkan bahwa perkiraan tanggal 12 Februari hingga 16 Februari 2023, hujan dengan intensitas lebat dan sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat.

Berdasarkan perkembangan informasi Mengutip laman Instagram @indozone.id,  terkait perkembangan informasi BMKG Wilayah IV Makassar, untuk Kota Makassar hujan dengan intensitas lebat dan sangat lebat terjadi di daerah Kecamatan Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Panakkukang, Tamalate, Biringkanaya, Manggala, Rappacini, Tamalanrea, dan sekitarnya.

Perihal hal ini BMKG juga telah memperingatkan agar seluruh masyarakat di sekitar wilayah Makassar lebih waspada dan hati-hati, takut gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan semakin menjadi-jadi.

Sontak saja unggahan video yang tengah menghebohkan pengguna Instagram ini pun langsung dibanjiri reaksi dan komentar.

"Ya Allah lindungilah kami dari marabahaya." ujar pengguna Instagram di kolom unggahan tersebut.

"Beristighfar dan berdo'a memohon perlindungan lebih baik. Dan untuk videonya kemungkinan pas bersamaan fenomena air laut pasang ditambah hujan semalaman tidak berhenti, jadi air yg tergenang di daratan tidak bisa lari ke aut atau sungai terdekat. Makanya tinggi air laut terlihat sama dengan air banjir di daratan," tulis pengguna Instagram lainya.

"Tidak setinggi dermaga. Jangan bikin hoax dan bikin resah masyarakat. Saya kerja dipelabuhan dan air tidak serata dermaga!!" ungkap lainnya.

"itu yg mau gelar acara 14 februari nanti malam siap siap mko ditambai azab la cilak," tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya