Ngakak, Polisi Berwajah Sangar Lari Terbirit-birit Latih Anjing Pelacak

Polisi malah kabus saat melatih anjing pelacak
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Seorang perwira polisi asal Polres Kendal ini menjadi sorotan di media sosial lantaran tingkah kocaknya saat melatih anjing pelacak. Video tingkah kocak ini pun viral setelah disaksikan hampir 5 juta kali pada Jumat, 17 Februari 2023.

Pelatih PSIS Yakin Adi Satryo Bisa Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia

Tampak dalam video yang diungah pertama kali oleh akun TikTok projustitia_ seorang polisi yang diketahui bernama Ardien tengah mendapat pelatihan dasar untuk mendidik anjing pelacak. Sebelum latihan dimulai, ia tampak sangar dengan tatapan tajam ke arah kamera.

Unit K-9 Kepolisian membawa anjing pelacak

Photo :
  • Antara/ Jessica Wuysang
Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

“Siap!!!” kata dia sambil melotot

Tak lama berselang latihan pun dimulai, Ardien juga sudah bersiap dengan kuda-kudanya, namun setelah anjing mulai mendekat, bukannya dihadapi, pria berkepala plontos itu malah lari terbirit-birit dan melepaskan pelindung tangan yang dikenakan.

Wejangan Pelatih Masa Kecil Pratama Arhan Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

"Huwwwaa huwaaa!" teriak Ardien sembari melarikan diri dari terkaman anjing pelacak.

Mengutip beberapa sumber, di Indonesia sendiri, polisi yang bertugas khusus melatih anjing pelacak tergabung dalam Detasemen K-9. Satuan ini merupakan salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Kepolisian di Indonesia.

Adapun tugas yang diberikan untuk Detasemen K-9 yaitu untuk menemukan bahan peledak, operasi pelacakan narkoba, dan operasi pengamanan. Selain itu, Detasemen ini banyak digunakan untuk mencari korban bencana alam seperti longsor hingga gempa bumi.

Tentunya untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut, anjing pelacak harus dibekali latihan khusus agar kemampuannya tetap terjaga. Latihan khusus ini juga harus dilakukan oleh pelatih yang andal, agar ketika terjun ke lapangan anjing-anjing ini dapat digunakan dengan optimal.

Hal yang harus dilakukan pertama kali oleh pelatih adalah melatih anjing pelacak tingkat dasar. Latihan ini dikenal sebagai Basic Obedience (Perintah Dasar) biasanya anjing diarahkan untuk menggigit sarung yang dilekatkan di tangan pelatih.

Anjing pelacak melakukan pencarian korban longsor akibat gempa Cianjur

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Terkait vieo tingkah kocak Ardien yang lari saat melatih anjing pelacak, hingga kini masih menjadi topik pembahasan warganet di media sosial. Terpantau sejak artikel ini dibuat, video telah disaksikan hampir 5 juta kali dan dipenuhi 10,2 ribu komentar.

Beberapa warganet mengatakan bahwa kegagalan ini merupakan awal dari perjalanan karir polisi tersebut sebelum akhirnya ia menjadi pelatih anjing yang andal. Sebagian lagi mengatakan bahwa wajah Adrien sudah sangat meyakinkan di awal.

“gapapa ggl di awal, nanti coba lagi sampai jadi pelatih terbaik,” komentar salah seorang warganet – “diawal mukanya meyakinkan banget, eh gak taunya zonk haha,” balas warganet 

“Orang botak gapernah gagal bikin lelucon,” celetuk warganet lain – “ternyata benar nyali itu ga bisa di buat2 dari snie la saya bisa menilai,” balas yang lain

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya