Viral Sejumlah Warga Makamkan Jenazah di Kuburan Penuh Air

Viral Video Memakamkan Jenazah di Kuburan Berair
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Trending – Netizen baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya video viral sejumlah warga memakamkan jenazah di kuburan penuh air yang beredar di media sosial Tiktok.

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

Momen warga memakamkan jenazah di kuburan penuh air itu diunggah oleh pemilik akun TikTok @syahrin0101.

Viral Video Memakamkan Jenazah di Kuburan Berair

Photo :
  • Tangkapan Layar
Pentolan Bonek: Masa Marselino Ferdinan Disuruh Jadi Captain Tsubasa?

Pada unggahan itu menunjukkan suasana pemakaman jenazah di TPU yang terendam banjir di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Saat itu warga tampak bersama-sama menggotong jenazah yang telah diletakkan di dalam peti agar jasadnya tak berkontak langsung dengan air. Kondisi pemakaman yang terendam banjir membuat penggali kubur harus bekerja ekstra karena harus menggali tanah yang tertutup air.

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Para penggali kubur harus lebih berhati-hati ketika memperkirakan ukuran peti jenazah yang akan dikuburkan agar ukurannya pas.

Peti yang mengapung di atas air itu kemudian diarahkan ke lubang kuburan yang telah selesai digali. Lalu di atasnya juga ditambahkan karung yang telah diisi pemberat agar peti jenazah itu tak mengapung karena tekanan air.

Layaknya pemakaman pada umumnya, setelah peti jenazah masuk ke liang lahat, warga langsung menutup lubang kuburan dengan tanah galian sebelumnya.

Setelah selesai kuburan ditandai dengan dua potong kayu yang ditancapkan dan ditutup tanaman air. Tampak seorang pemuka agama yang datang dengan sebuah sampan untuk memotret kuburan jenazah itu.

Unggahan ini pun menuai beragam komentar dari warganet yang melengkapi proses pemakaman yang tak biasa itu.

“Tak mungkin tak ada tempat untuk dikebumikan, carilah tempat yang tak ada air.. pemimpin setempat carilah cara untuk mencari tempat yang lebih baik,” tulis @amanda_meow44.

“Jadi ingat waktu tinggal di Tembilahan Kota. Sedih banget liat pemakaman pas hujan, tapi semua akan kembali pada-NYA,” tulis @zamri02zm.

“Mohon maaf ini adalah salah satu kegunaan dana desa beli tanah ditimbun agar layak... kesinilah dan desa harusnya dipakai,” tulis @yaiibadhay1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya