Kronologi Kasus Penipuan Azura Luna, Wanita Indonesia yang Sukses Tipu Anak Joe Biden

Azura Luna
Sumber :
  • Ist

VIVA Trending – Nama Azura Luna Mangunhardjono menggemparkan Indonesia karena terlibat dalam penipuan kelas dunia. Ia pernah diundang untuk ikut makan siang bersama Joe Biden (saat ini presiden AS) oleh anak-anaknya sendiri Hunter Biden, sekitar Juli 2018.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Tak hanya itu, Hunter Biden percaya bahwa Azura Luna adalah seorang Putri asal Indonesia dan memiliki kekayaan besar. Simak awal mula kedok Azura Luna terbongkar sebagai berikut:

Azura Luna

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram
Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Awal Mula Penipuan

Pesan percakapan antara Azura Luna (bukan nama sebenarnya) terungkap saat data laptop Hunter Biden yang sedang diperbaiki di Delware bocor pada tahun 2020 silam. Isi pesan tersebut kemudian dilaporkan oleh The Sun pada tahun 2022 lalu.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Begini bunyi pesan yang mengajak Azura bertemu dengan Joe Biden, tercatat tanggal 20 Juli 2018:

”Ayaku akan datang nanti malam, apa kamu mau bertemu saat makan siang besok?

Jadi makan siang dengan ayahmu besok atau kamu akan ikut makan malam?”

Bagaimana menurutmu sayang? Aku memilih untuk makan siang biasa dengan Ayah dan kamu daripada datang ke pesta makan malam dengan para pecundang.”

Azura membujuk Hunter untuk datang ke makan malam karena satu undangan bisa berarti 26 miliar dollar AS dana dukungan untuk pencalonan presiden Joe Biden. Akan tetapi ternyata Joe tidak ingin Hunter bergabung dengannya di pesta makan malam.

Tidak ada keterangan pasti apakah Azura jadi bertemu Joe esok harinya. Namun Hunter mengundang perempuan tersebut untuk minum kopi di tepi kolam renang hotel kelas atas La Peer di Hollywood.

Tak hanya bertemu Hunter, Azura juga bertemu dengan Caroline Biden, keponakan dari Joe, di restoran. Dalam pesan tersebut Caroline mengakui sangat menyukai kepribadian Azura. 

Bersitegang dengan Anak Joe Biden

Hunter Biden dan ayahnya Joe Biden

Photo :
  • Source BBC

Isi pesan selanjutnya, seperti ditulis The Sun, berisi ketegangan anrtara Azura dan juga Hunter. Ia mengatakan Azura harusnya memberikan komentar sinis dan mengubah rencana bersamanya sebanyak 5 kali.

Azura Luna terus mengirim pesan keesokan harinya, tapi tidak menerima balasan dari Hunter. Chat terakhir yang terekam tertanggal 27 Juli 2018, ”Umm. Halo? Kamu tidak apa-apa? Aku tidak ingin terdengar seperti mendesak, hanya merasa agak aneh saja.”

Azura Luna Ditangkap di Hotel Mewah

Azura Luna

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Pada bulan November tahun yang sama dengan ketika ia bertemu Hunter, Azura ditangkap ketika tengah menginap di hotel Beverly Hills. Salah satu mantan temannya melaporkan bahwa Azura menjual tas Hermes palsu Rp1,31 miliar (86 ribu dollar AS) yang harusnya untuk penggalangan dana.

Begitu teman tersebut mengetahui barang yang ia beli palsu, dirinya langsung memanggil polisi. Detektif Juan Bonilla dari Departemen Sheriff Hollywood Barat mengatakan bahwa meskipun Azura ditangkap atas dugaan pencurian dengan barang palsu, tuntutan pidana kemudian dibatalkan oleh Jaksa Wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya