Profil KH Rofiq Malik, Pengasuh Ponpes Al Muniroh Jepara yang Meninggal saat Ceramah

Sosok KH Rofiq Malik yang meninggal dunia saat ceramah
Sumber :
  • Instagram: infoseputarjepara

VIVA Trending – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muniroh, KH Rofiq Malik meninggal dunia saat mengisi ceramah dalam acara wisuda santri Ponpes Al Murthado Desa Blingoh, Donorojo, Jepara, Jawa Tengah, Rabu, 8 Maret 2023 malam. Video detik-detik terjatuhnya sang kiai viral di media sosial.

Setelah Sebulan, Jenazah Terakhir Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore Ditemukan

Mengutip beberapa sumber Jumat, 10 Maret 2023, selain mengasuh ponpes Al Muniroh, KH Rofiq adalah Wakil Rois Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Donorojo. MWC sendiri merupakan organisasi NU tingkat kecamatan yang terdiri dari pengurus Mustasyar, Syuriyah, A’wan Syuriyah, dan Tanfidziyah.

Momen KH Rofiq Malik menyampaikan tausiah sebelum meninggal dunia

Photo :
  • Instagram: infoseputarjepara
Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

Pondok Pesantren Al Muniroh yang dipimpin oleh KH Rofiq memiliki program pendidikan yang mengajarkan ilmu agama Islam, seperti membaca kitab, memahami hadis, ilmu fiqih serta membekali santri dengan keterampilan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, KH Rofiq Malik juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan di masyarakat, seperti membantu korban bencana alam dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

KUH Jeddah Gelar Bimtek 644 Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi Layani Jemaah Haji

KH Rofiq dikenal sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar di kalangan santri dan masyarakat sekitar. Dia juga sering memberikan ceramah agama di berbagai acara dan forum, serta terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan nilai-nilai keagamaan dan sosial di masyarakat.

Sang kiai dalam ceramahnya juga sering mengingatkan jemaah untuk selalu mengingat Allah dan berselawat kepada Rasulullah SAW. Bahkan dalam video viral detik-detik wafatnya KH Rofiq, dia masih sempat mengajak jemaah untuk berselawat.

“Shollu’ala Muhammad,” seru KH Rofiq sebelum tubuhnya ambruk, dilihat VIVA dari video yang diunggah akun Instagram infoseputarjepara, Jumat 10 Maret 2023

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua PCNU Jepara Hisyam Zamroni menyatakan bahwa benar peristiwa itu terjadi ketika KH Rofiq mengisi ceramah di Desa Blingoh Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. "Di tengah-tengah memberikan ceramah tiba-tiba beliau ambruk," kata dia kepada wartawan, Jumat 10 Maret 2023.

Dia juga menyampaikan bahwa saat menghadiri acara tersebut KH Rofiq terlihat sangat sehat, bahkan semua orang yang hadir pun tak menyangka pemilik Ponpes Al Muniroh itu meninggal dunia.

Setelah terjatuh, kata Hisam, KH Rofiq sempat dibawa ke Rumah Sakit terdekat namun kondisinya tidak dapat tertolong. Almarhum sendiri sudah dimakamkan di Pemakaman Ponpes Al Muniroh Desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya