Viral Video Rusa Mengunyah Ular, Bisakah Hewan Herbivora Memakan Daging?

Video rusa diduga memakan ular
Sumber :
  • Twitter

Jakarta – Umumnya orang mengetahui bahwa rusa adalah hewan herbivora, yang berarti mereka merupakan pemakan tumbuhan. Biasanya hewan ini mengkonsumsi rumput, daun, tunas, kulit kayu dan buah-buahan.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Namun, seorang Petugas Dinas Kehutanan India (IFS) Susanta Nanda membagikan sisi lain dari kebiasaan rusa. Tampak dalam video yang diunggah melalui akun twitter @susantananda3, dinarasikan seekor rusa sedang memakan seekor ular.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Kamera membantu kita memahami Alam dengan lebih baik. Ya. Hewan herbivora terkadang memakan ular,” demikian keterangan dalam video dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

Terlihat jelas dalam video berdurasi 21 detik itu, tubuh seekor ular menjuntai dari mulut rusa yang mengunyahnya dengan lahap. Bahkan, perekam video yang mengabadikan momen langka itu pun dibuat terkejut saat menyaksikannya.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

“Apakah dia memakan ular?” tanya perekam video

Zack DeAngelis selaku Spesialis Alam dan Margasatwa asal New York mengatakan bahwa rusa memang hewan pemakan tumbuhan, namun hewan ini juga bisa mengkonsumsi daging jika kekurangan mineral tertentu, seperti fosfor dan kalsium.

Biasanya, rusa bisa mendapatkan cukup kalsium dari tumbuhan yang mereka makan, tetapi pada saat cuaca buruk atau musim dingin, mineral ini mungkin tidak tersedia karena tumbuhan banyak yang mati.

“Alasan yang paling mungkin mengapa rusa akan memakan daging adalah karena ada kesempatan dan mereka memerlukan beberapa jenis mineral yang tersedia dalam daging atau tulang hewan mangsanya,” ujar Zack dikutip dari Pest Pointer, Selasa 13 Juni 2023..

Adapun hewan yang menjadi sasaran rusa kemungkinan besar sudah mati atau terluka, sangat muda, atau sangat tua. Tidak mungkin rusa menerkam mangsanya dan menjatuhkannya sendiri.

“Musim dingin adalah waktu yang sangat sulit bagi rusa. Jika mereka kebetulan menemukan hewan yang mati, mereka mungkin akan memakannya karena kandungan kalori dan kalsiumnya. Dengan kata lain, karena mereka putus asa,” pungkasnya

Video rusa diduga memakan ular

Photo :
  • Twitter
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya