Capai Rp43 Miliar, Panji Gumilang Bongkar Bantuan Dana dari Negara untuk Al Zaytun

Panji Gumilang. Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Indramayu – Panji Gumilang buka-bukaan soal aliran dana yang diperoleh Pondok Pesantren Al Zaytun dari negara. Ternyata, dana dari negara yang diterima Al Zaytun itu jumlahnya cukup besar dan berpengaruh dalam anggaran yang disampaikan oleh Panji Gumilang. 

Diungkap Istri, Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria

Nama pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun itu sampai saat ini masih menjadi kontroversi di masyarakat. Tampaknya ada saja hal-hal yang membuat publik kembali menyoroti tingkah laku dari pemilik nama lengkap Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang tersebut. 

Masyarakat sekitar hingga pemerintah bahkan ikut menanggapi dalam berbagai macam sisi terkait yang menyelimuti sosok Panji Gumilang sang dedengkot Ponpes Al Zaytun. Melansir kanal YouTube Al Zaytun, Panji Gumilang mengungkap hal tersebut. 

Pakar Hukum Trisakti: Gugatan Praperadilan Panji Gumilang Bakal Ditolak di PN Jaksel

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang

Photo :
  • Tiktok

Selain membahas besaran dana yang dipakai untuk menjalankan lembaga pendidikannya itu, Panji juga membahas dari mana asal dana yang dipakai untuk Al Zaytun. Dia mengungkapkan bahwa salah satu sumbernya berasal dari bantuan negara. 

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

"Terima kasih saya ucapkan kepada Negara Republik Indonesia telah membantu Al Zaytun untuk menyelenggarakan pendidikan," kata Panji Gumilang seperti dilansir dari kanal YouTube Al Zaytun pada Selasa, 20 Juni 2023. 

Tak tanggung-tanggung, besaran dana bantuan dari negara yang ikut mendukung adalah 36 persen lebih kebutuhan anggaran tahunan Ponpes Al Zaytun. 

"Semua ini jumlah yang kita dapatkan dari negara, itu jumlahnya 36,6 persen dari anggaran setahun. Luar biasa besar, sehingga kita agak longgar untuk mencari kekurangan yang 63,4 persen," lanjut Panji Gumilang.

Panji Gumilang. Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita

Photo :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Adapun dana yang berasal dari negara diberikan kepada Ponpes Al Zaytun melalui berbagai macam skema bantuan. Salah satu yang disebutkan oleh Panji Gumilang adalah skema dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah. 

"Kita mendapat bantuan negara, negara memberi bantuan kepada kita melalui skema macam-macam. Kalau dihitung dalam tahun ini, bantuan totalnya, Rp43 miliar," ujar Panji Gumilang.

Kemudian, Panji Gumilang merincikan sebaran dana bantuan dari negara yang sudah diterima oleh Al Zaytun. "Itu dalam bentuk BOS PAUD, Rp31 juta lebih, MI Rp628 juta lebih, MTS Rp1,1 miliar lebih, dan MA Rp1,42 miliar lebih," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya