4 Ajaran yang Diduga Sesat Ponpes Al Zaytun, UAS: Panji Gumilang Antek-antek Yahudi

Panji Gumilang. Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Indramayu – Pondok pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat tak henti-hentinya menjadi sorotan publik lantaran berbagai kontroversi yang mereka buat. Pondok pesantren pimpinan Syekh Panji Gumilang itu diduga telah mengajarkan pendidikan ajaran sesat kepada para santrinya. 

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Ustaz Abdul Somad alias UAS bahkan memberikan kecaman terhadap pimpinan Al Zaytun. Lewat video ceramahnya, UAS kesal dengan ajaran sesat yang diduga diberikan ponpes tersebut. UAS juga meminta pihak berwajib untuk melakukan tindakan tegas. 

“Adapula tuan syekhnya, di depan santri, di dalam Masjid anak-anak santri malah diajarkan lagu Hanevo Shalom Aleichem. Itu salam yahudi, bodoh. Ini orang musti ditangkap ini, antek Yahudi, ” ungkap UAS sembari mencontohkan lagi Yahudi yang dimaksud seperti dilansir pada Rabu, 21 Juni 2023. 

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @say.kocak

Dugaan Al Zaytun memberikan ajaran sesat kepada ribuan santrinya itu bermula dari terungkapnya ada praktek janggal yang dilakukan di lembaga pendidikan agama tersebut. Nah, berikut kontroversi yang sempat dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Zaytun. 

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

1. Infaq

Diduga Al Zaytun menarik iuran paksa dengan dalih infaq dan pihak pondok pesantren memakai Surat At Taubah ayat 103. Infaq tersebut ditarifkan dengan nominal Rp12 miliar untuk yang tinggal di desa maju dan Rp5 miliar untuk desa tertinggal.

Jika tidak dapat membayar, pihak Al Zaytun menawarkan cara lain untuk melunasi infaq dengan menjual anak kandung sampai menjual diri. Gegara hal ini banyak orang tua yang depresi sampai gila karena tidak lagi bisa bertemu dengan anaknya. 

Panji Gumilang. Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita

Photo :
  • YouTube Al-Zaytun Official

2. Ibadah Haji

Ponpes Al Zaytun juga disebut-sebut mengubah ketentuan ibadah haji dan melempar jumrah. Mereka mengatakan bahwa menunaikan ibadah haji bisa dilaksanakan di Al Zaytun. Ibadah haji dapat dilakukan dengan cara mengelilingi pesantren seluas 1.200 hektare itu dengan memakai mobil. 

3. Mengubah Syahadat

Selain itu, Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun juga mengubah syahadat dari Tiada Tuhan selain Allah menjadi tidak ada negara selain negara Islam. Pondok Pesantren Al Zaytun juga menganggap negara-negara di luar Islam adalah negara kafir. 

4. Sholat Idul Fitri

Media sosial sempat dihebohkan dengan beredarnya video sholat Idul Fitri yang tak biasa karena mencampurkan shaf sholat pria dan wanita. Wanita bahkan berada di shaf paling depan dan shafnya juga terlihat begitu berjarak dengan meletakkan kursi disampingnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya