Viral Lagu Coca-Cola Penyebutannya Salah, Ternyata Bermakna Sindiran

Viral Lagu Coca-Cola Penyebutannya Salah
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Sudah pernah dengar dengan lagu Coca Cola yang pelafalannya salah? Jika belum, kamu wajib tahu maknanya. Sebab, makna lagu tersebut ternyata sebuah sindiran.

Penampakan Bule Berpakaian Minim di tengah Ceramah UAS di Lombok

Lagu tersebut sebenarnya sudah dirilis pada 2014 silam. Namun, baru-baru ini kembali viral seperti pada unggahan akun Instagram @lawak.aesthetic.

Dalam unggahan akun YouTube Nebula Fauzan, diketahui bahwa lagu tersebut dinyanyikan oleh Ustadz Anwar Al-Abror dengan santri-santrinya. Lagu itu bergenre dangdut Madura dipadukan dengan ceramah agama.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Akun tersebut memberikan penjelasan tentang makna lagu tersebut, di mana tersirat dakwah yang di sampaikan. Sindiran tersebut ternyata untuk masyarakat yang sibuk belajar Bahasa Inggris yang pelafalannya disebut ribet tapi malah tidak bisa ngaji.

Viral Lagu Coca-Cola Penyebutannya Salah

Photo :
  • Tangkapan layar
Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Maaf gan, saya disini mau menjelaskan kalo seandainya bisa bahasa madura, sebetulnya ini lagu ada dakwahnya. Dimana liriknya bilang, jaman sekarang orang sibuk belajar bahasa inggris yang pronounce nya njelibet, tapi malah nggak bisa ngaji,” bunyi dalam keterangan akun YouTube tersebut, dikutip VIVA Jumat, 30 Juni 2023. 

Lebih lanjut, meskipun bisa ngaji tapi tidak mau belajar tajwid. Dalam artian, banyak orang-orang sekarang ini susah-susah belajar tentang dunia ketimbang belajar agama.

Bisa ngaji tapi ndak mau belajar tajwid disitu beliau juga bilang. Belajar tajwid juga musti bener. Beda harakat, atau beda satu huruf. Berubah jauh maknanya. Lebih maksudnya ke sekarang banyak orang susah-susah belajar tentang dunia, tapi nggak mau susah belajar agama. Soal kemauan, bukan susah-gampangnya,” imbuhnya.

Lagu tersebut memang menggunakan Bahasa Madura. Berikut terjemahan dari secuil lirik dari lagu tersebut yang diterjemahkan oleh warganet di akun YouTube tersebut.

Terjemahan menit ke 2:40 

Viral Lagu Coca-Cola Penyebutannya Salah

Photo :
  • Tangkapan layar

Bacaan bahasa inggris sangat repot 
Berlipat-lipat hurufnya 
Pengen fasih harus sabar 
Ikut kursus lama banget 
Bacaan dan tulisan 
Panjang pendek ga sama 
Kalau bacaan Arab ga sulit 
Pakai ilmu tajwid 
Bacanya gampang lurus-lurus (datar) 
Cepat lancar ga lama 

Terjemahan menit ke 3:43 

Kalau dibaca jujur-jujur 
Bacaan Inggris berantakan 
Berbelok berkelok-kelok 
Didengar telinga ga bagus 
Kalau dibaca bener-bener (ngikut tulisannya) (Jadi) salah atau ngawur 
Bacaan Arab sangat beda 
Ada ilmu Shorrof dan Nahwu-nya 
Berubah satu huruf 
Bisa merubah maknanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya