Heboh, Penampakan Ular Piton Perut Buncit Menjuntai di Atas Pohon

Penampakan Ular Piton Perut Buncit Menjuntai di Atas Pohon
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Penampakan seekor ular piton raksasa sedang menggantung di atas pohon dengan kondisi perut buncit ramai jadi tontonan warga. Momen tak biasa tersebut viral di media sosial pada Rabu, 12 Juli 2023.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Melalui video yang dibagikan YouTube MrMrengil, tampak warga yang menyaksikan ular itu dibuat heran, pasalnya dengan kondisi tidak biasa hewan melata itu mampu menaiki pohon yang cukup tinggi.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dilihat pada bagian perut, ular tersebut seperti habis menyantap hewan ternak milik warga, pasalnya perut elastis ular tersebut melebar di satu sisi hingga menyulitkannya bergerak.

Akibat perutnya yang besar, ular itu tidak memiliki kemampuan untuk mengangkat sebagian tubuhnya ke atas pohon. Sehingga, dia tampak pasrah dengan posisi menjuntai.

Viral Calon Siswa Polres Baubau Bernama Real Madrid, Warganet: Bapaknya Madridista

Sejak artikel ini dibuat belum diketahui di mana video tersebut direkam, adapun kondisi ular tersebut diduga masih hidup pasalnya area kepala ular masih kokoh membelit ranting pohon untuk bergelantung.

Sementara saat dikonfirmasi Trainer Yayasan Sioux Ular Indonesia, Maulana Haqul Dafa mengatakan bahwa kondisi demikian sangat jarang terjadi, pasalnya ular jenis piton lebih senang bersembunyi daripada mengekspos tubuhnya.

Dafa bercerita piton adalah jenis ular tidak berbisa, hewan ini membunuh mangsanya dengan cara menyergap, menggigit kemudian disusul dengan belitan kuat.

“Setelah mangsa terbunuh karena serangan jantung, ular akan menelan mangsa mulai dari kepala. Proses penelanan bisa memakan waktu beberapa menit sampai beberapa jam tergantung ukuran,” ujar Dafa kepada VIVA, Rabu, 12 Juli 2023 sore.

Penampakan Ular Piton Perut Buncit Menjuntai di Atas Pohon

Photo :
  • YouTube

Setelah tubuh mangsa habis tertelan, ular piton akan mencari tempat persembunyian yang aman agar proses mencerna mangsa dapat berjalan dengan baik. Tempat persembunyian piton, kata Dafa, biasanya di tempat gelap dan tertutup seperti rawa atau semak belukar.

“Jadi aneh juga kalau dia naik ke pohon setelah makan hewan sebesar itu,” kata Dafa

Kendati demikian, Dafa mengatakan setelah memangsa hewan berukuran besar, biasanya ular piton akan mendapat limpahan nutrisi yang mencukupi kebutuhannya satu hingga dua bulan ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya