Respons MUI Sumsel Soal Peresmian Gereja Diiringi Marawis dan Selawat Nabi

Peresmian gereja di Muara Enim diirinig musik marawis NU
Sumber :
  • Istimewa

Muara Enim – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Selatan (Sumsel) mengatakan tidak seharusnya tabuhan musik marawis dan selawat nabi mengiringi peresmian gereja di Muara Enim.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

"Seharusnya itu tidak harus terjadi karena setiap Marawis pasti menyebut nama Allah SWT," ujar Sekretaris MUI Sumsel, KH Ayik Farid Alaydrus kepada awak media, Rabu, 26 Juli 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Farid mengatakan marawis merupakan suatu yang bersifat religius dan identik dengan umat Muslim, sehingga tidak seharusnya lantunan marawis dilakukan dalam peresmian gereja.

Untuk yang sudah terjadi, Farid mengaku sangat menyesalinya. “Jadi diharapkan jika itu adalah hal yang khilaf. Ke depannya jangan terjadi lagi. Yang sudah terjadi jadikan suatu pelajaran dan jangan diulang lagi di waktu yang akan datang," kata dia

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dia lantas menjabarkan alasannya sangat melarang kegiatan seperti ini dilakukan. menurutnya, toleransi antar umat beragama harus memiliki batasan. Selama itu mengandung nilai syariah serta di dalamnya terdapat pemujaan kepada Allah dan Rasulnya maka tidak bisa dijadikan alasan toleransi.

"Kalau dia mengandung tiga nilai tersebut, menurut pendapat kami tidak boleh (jadi media toleransi),” tegasnya

Sebelumnya, Peresmian Gereja Katolik di Lawang Kidul, Tanjung Enim, Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) membuat heboh media sosial lantaran diiringi tabuhan musik marawis oleh santri Nahdlatul Ulama (NU).

Melalui video yang beredar di medsos, Rabu, 26 Juli 2023 terlihat beberapa pria dan wanita berbusana Muslim berada di atas panggung sambil memainkan alat musik rebana dan darbuka.

Peresmian gereja di Muara Enim diirinig musik marawis NU

Photo :
  • Istimewa

Diduga grup musik tersebut berasal dari salah satu pondok pesantren NU di Muara Enim. Banyak pihak yang menyayangkan musik marawis beserta selawat nabi dimainkan dalam acara peresmian gereja.

Bahkan, disebutkan juga peresmian gereja itu diresmikan langsung oleh Pj Bupati Muara Enim, Usmawri Kaffah pada Rabu, 19 Juli 2023 lalu.

Adapun, para tamu yang hadir tampak menikmati lantunan musik marawis dan selawat nabi yang dibawakan para santri NU tersebut. Terdapat juga salah satu orang berkopiah hitam mengenakan seragam Banser berada di tengah-tengah tamu undangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya