Detik-detik Pengendara Motor Nerobos Palang Kereta Api, Helm Pembonceng Sampai Lepas

Detik-detik Pengendara Motor Nerobos Palang Kereta Api
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA – Palang kereta api selalu diterobos ketika sudah menutup, yang menandakan kereta api akan melintas. Baik itu sepeda motor, maupun mobil sering melanggar dan menerobos palang kereta api.

Waspada Modus Pencuri Sepeda Motor yang Pura-Pura Kecelakaan

Seperti yang terlihat dalam unggahan akun media sosial TMC Polda Metro Jaya, pengendara itu nekat nerobos palang kereta padahal sudah terdengar bunyi sirine.

Dahulukan selalu KA, menerobos Perlintasan Kereta yang telah memberikan isyarat untuk berhenti dapat berakibat kecelakaan,” tulis akun Polda Metro Jaya, dikutip VIVA Senin, 14 Agustus 2023.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Detik-detik pengendara motor nerobos palang kereta

Detik-detik Pengendara Motor Nerobos Palang Kereta Api

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro
Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa mobil berhasil menerobos palang kereta itu. Namun, ketika pengendara motor ikut nerobos, kepala yang bonceng pengendara motor itu kena palang kereta. Bahkan, helmnya sampai lepas.

Pembonceng motor itu nampak marah karena yang mengemudi motor nekat nerobos palang kereta, hingga kepalanya kena palang sampai tubuhnya hampir terjatuh.

Ia kemudian langsung turun dari motor, sementara si pengemudi motor mengambil helm temannya itu.
Belum diketahui secara pasti lokasi kejadian. Video itu pun langsung dikomentari warganet. Mereka merasa kasihan karena si pembonceng disebut menahan malu.

Gemes liat oknum pengendara menerobos Perlitasan Kereta, masih beruntung Malaikat Pencabut Nyawa masih memberikan kesempatan, misalnya sudah gabut Malaikat Pencabut Nyawa kelar tuh oknum pelanggar menerobos Perlitasan Kereta,” komentar warganet.
Kalau aku yang dibonceng kena palang, ku sepak pakai helm orang yang bawa motor. Sim-nya entah ambil dimana, palang dah turun dia lewat,” komentar lainnya.
Kasihan palan KA-nya. Luka-luka nggak,” sindir netizen. 

Perjalanan kereta api lebih diutamakan

jalur kereta api di Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)

Pintu perlintasan kereta api berfungsi untuk mengamankan perjalanan kereta api agar tidak terganggu pengguna jalan lain seperti kendaraan bermotor maupun manusia. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 72 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Kereta pasal 110 ayat 4.

Perjalanan kereta api lebih diutamakan karena jika terjadi kecelakaan dampak dan kerugian yang ditimbulkan dapat lebih besar, sehingga pengguna jalan yang harus mendahulukan jalannya KA. Maka dari itu pintu perlintasan utamanya difungsikan untuk mengamankan perjalanan KA,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip Senin, 14 Agustus 2023.

Selain itu, pintu perlintasan kereta api merupakan alat bantu keamanan bagi para pengguna jalan, seperti halnya bunyi sinyal serta petugas penjaga perlintasan sebidang. 

Sedangkan rambu-rambu “STOP” yang telah terpasang lah yang menjadi penanda utama untuk diperhatikan pengguna jalan.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengguna jalan harus mematuhi tata cara berlalu lintas di perlintasan sebidang sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tahun 2018 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Lalu Lintas di Ruas Jalan pada Lokasi Potensi Kecelakaan di Perlintasan Sebidang dengan Kereta Api.

Bagi pengendara kendaraan, wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain. 

Pengendara juga wajib memastikan kendaraannya dapat melewati perlintasan sebidang dengan selamat, serta wajib memastikan pula kendaraannya keluar dari perlintasan sebidang apabila mesin kendaraan tiba-tiba mati di perlintasan sebidang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya