Viral Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Bukittinggi

Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Bukittinggi
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Sumatera BaratGubernur Sumatera Barat Mahyeldi diusir mahasiswa saat hendak memberikan pembekalan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek, Bukittinggi.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Pesertanya adalah, mahasiswa baru. Video aksi penolakan itupun kini viral di laman media sosial. Peristiwa itu, disebut terjadi pada Selasa (22/8/2023) kemarin.
 
Dilihat dari cuplikan video yang beredar, tampak Gubernur Mahyeldi sedang duduk di hadapan ribuan mahasiswa baru di atas panggung dalam ruangan Student Center UIN Bukittinggi. Berdasarkan informasi, di saat sesi tanya jawab ada seorang mahasiswa yang kemudian mengambil kendali di atas panggung.

Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Bukittinggi

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut


Dengan spontan, mahasiswa tersebut berorasi dan menolak kedatangan Mahyeldi. Orasi mahasiswa itu pun mendapatkan sorakan dan tepuk tangan dari ribuan mahasiswa baru yang hadir pada saat itu. Tak hanya itu saja, spanduk bertuliskan isu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan HAM dilangkahi juga tampak terbentang.

Informasi yang dihimpun, sikap mahasiswa yang menolak keras kehadiran Gubernur itu, berkaitan dengan masalah isu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat.

Mahasiswa menuntut usulan PSN yang diajukan Gubernur Mahyeldi ke Pemerintah Pusat dicabut lantaran dinilai mengancam keberadaan masyarakat di sana.

Aksi solidaritas terhadap masyarakat Air Bangis ini, sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Bahkan, selama lima hari diawal Agustus 2023, ribuan warga Air Bangis dan Mahasiswa juga melakukan demonstrasi di kantor Gubernur Sumbar.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut
Pro Palestina di depan Gedung Putih

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Beberapa kampus di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Baru-baru ini, semakin banyak mahasiswa dari berbagai universitas

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024