Miris, Orang Berselancar dengan Ular Berujung Denda

Ular Sanca batik (Python reticulatus) /Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Australia - Beredar kabar mengenai kehebohan seorang pria yang sedang berselancar dengan ular piton. Video itu viral di media sosial dan berujung dengan denda yang cukup mahal.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Dilansir dari The News, Selasa 19 September 2023, Pria bernama Fiuza yang merupakan warga asli Australia yang bekerja di bawah otoritas perlindungan satwa liar dikenai denda karena membahayakan orang lain karena adanya ular piton saat dirinya berselancar.

Viral Orang Ini Kena Denda karena Berselancar dengan Ular

Photo :
  • Istimewa
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Di dalam video, tampak pria tersebut berselancar dengan ular piton jenis karpet miliknya. Aksi ini juga melanggar izin yang Ia miliki dalam memelihara ular tersebut dengan memperlihatkannya ke publik.

Kemudian, petugas satwa liar di Departemen Lingkungan dan Ilmu Pengetahuan Australia mengungkapkan, Fiuza tidak memiliki izin khusus bebas bepergian bersama hewan tersebut.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

“Kami tidak ingin pemegang izin mempamerkan hewan asli (Australia) mereka di depan umum, kecuali hal itu dilakukan untuk tujuan tertentu yang disetujui dan dengan cara terbaik demi kesejahteraan hewan, keselamatan masyarakat, dan mematuhi kode etik terkait,” kata McDonald dalam pernyataannya seperti dikutip dari New York Post, Selasa 19 September 2023.

“Membawa hewan peliharaan asli ke tempat umum dapat menyebabkan hewan tersebut mengalami stres yang tidak perlu. Dan mereka dapat berperilaku tidak terduga saat dikeluarkan dari kandangnya,” lanjutnya.

Didenda Rp20 Juta

Viral Orang Ini Kena Denda karena Berselancar dengan Ular

Photo :
  • Istimewa

Setelah videonya berselancar bersama ular viral di media sosial, Departemen Lingkungan dan Sains Queensland memulai penyelidikan. Pada minggu ini mereka menjatuhkan denda sebesar 2,322 dolar Australia atau sekitar Rp 22 juta.

Kabar terbaru, Fiuza menepis kekhawatiran aksinya berbahaya bagi ularnya yang bernama Shiva dan masyarakat, serta hewan liar yang bisa terkena penyakit menular. Ia mengungkapkan bahwa Shiva senang berada di air dan telah beberapa kali berselancar bersamanya.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya