Bukan Matic, Ternyata Ini Motor yang Paling Mudah Dicuri Menurut Pelaku Curanmor

Pelaku curanmor di Polrestabes Semarang
Sumber :
  • Tiktok

Semarang – Pencurian kendaraan bermotor semakin mengkhawatirkan, dengan maling yang semakin lihai dan cepat dalam melakukan aksinya.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Di media sosial misalnya, rekaman CCTV banyak beredar menunjukkan betapa cepatnya para maling membawa kabur sepeda motor dalam waktu yang singkat.

Ilustrasi komplotan curanmor

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Ternyata di balik waktu yang sangat cepat untuk membawa kabur kuda besi, para maling memiliki list atau daftar sepeda motor yang mudah untuk dicuri.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pelaku pencurian kendaraan motor (curanmor) saat konferensi pers di Polrestabes Semarang beberapa waktu lalu.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

“Motor apa yang paling gampang dicuri?” tanya Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibisono kepada pelaku curanmor, seperti dilihat melalui unggahan akun TikTok @akbp_wiwit_waw_2002, Rabu 4 Oktober 2023.

Menjawab pertanyaan tersebut, pelaku curanmor mengatakan sepeda motor yang paling mudah dicuri adalah Honda CBR. Hal, kata dia, socket pada sepeda motor itu terlihat.

“CBR, karena soketnya kelihatan,” jawab pelaku

Pelaku mengungkap, untuk menghidupkan Honda CBR tanpa kunci, didirnya hanya butuh waktu 1 menit sampai motor itu menyala.

Selain itu, lanjut pelaku, motor yang paling mudah dibobol berikutnya adalah Honda Vario. Ia mengungkap, meski kondisi stang dikunci ke arah kanan tidak membuatnya kesulitan untuk membobol motor tersebut.

Untuk mencegah aksi pencurian, Wiwit mengimbau masyarakat dapat melengkapi kendaraan bermotor dengan kunci ganda.

“Pasanglah kunci ganda roda dan setir pada kendaraan anda,” imbau Wiwit

Selain itu, Wiwit mengungkap, untuk menekan kasus curanmor di wilayah Polrestabes Semarang, kini pihaknya sudah menaruh sebanyak 50 ribu CCTV di sejumlah jalan.

“Semarang ini sudah lengkap CCTV-nya sudah terdata semua di command center, kurang lebih 50 ribu CCTV sudah terdata hampir seluruh gang, jalan sudah termonitor,” kata dia

“Hati-hati untuk pelaku kejahatan, tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan di wilayah Polrestabes Semarang, karena seluruh pergerakan pasti termonitor oleh CCTV,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya