Viral, Emak-emak Girang Tangkap Ular Piton di Kebun Sawit

Viral, Emak-Emak Girang Tangkap Ular Piton di Kebun Sawit
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Heboh, segerombolan emak-emak asyik menangkap ular berukuran besar di sebuah kebun sawit. Terlihat dalam unggahan akun TikTok @paridaharun, beberapa emak-emak menemukan seekor ular jenis piton di area perkebunan sawit.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Dengan kerjasama yang kompak, mereka berhasil menangkap dan memasukkan ke dalam karung putih. Mereka terlihat sangat girang ketika ular berukuran besar itu dimasukkan ke karung.

Bagaimana pendapat anda setelah menangkap ular sawah,” kata si perekam.
Hebat,” kata wanita berbaju loreng hitam putih.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Video itu pun viral di media sosial, dan mendapat beragam reaksi dari warganet.

Denny Sumargo Gak Setuju Soal Ejekan Aura Magrib, Fuji: Aku Tahu Aku Cantik

Nangkep ular kek nangkap ayam,” kata netizen.
Ternyata emak-emak yang selama ini takut ular itu hanya pura-pura,” komentar lainnya.
Emak-emak kalo gada orang laki berubah jadi wonderwomen,” ujar netizen lainnya.

Sebenarnya, seberapa bahayakah ular piton?

Ilustrasi ular piton

Photo :
  • Pixabay

Ular piton atau sanca merupakan salah satu jenis ular non-berbisa yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan kemampuannya untuk memangsa hewan yang berukuran lebih besar daripada kepala mereka. Mereka termasuk dalam famili Pythonidae dan ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Asia, Afrika, dan Australia.

Meskipun tidak berbisa, jangan anggap ular ini tidak berbahaya. Pasalnya ular ini bisa melilit mangsanya, baik hewan maupun manusia dengan tubuhnya yang besar.

Ular piton sengaja melilitkan tubuhnya agar mangsanya tidak bisa bernapas sehingga lemas. Setelah itu, ular piton langsung melahap mangsa dengan rahangnya yang bisa terbuka melebihi diameter tubuhnya. Ular piton ini dapat hidup di hutan hujan, padang rumput, batu-batuan, hingga semak belukar. 

Tips hadapi ular piton

Ilustrasi ular piton

Photo :
  • Pixabay

- Kenali Habitatnya

Piton biasa ditemukan di hutan hujan, rawa, dan daerah berair lainnya. Jika kamu berada di daerah tersebut, berhati-hatilah dan selalu waspada.

- Jangan Mendekat

Jika kamu melihat ular piton, jangan coba mendekat atau memprovokasinya. Meskipun mereka umumnya pasif, mereka akan membela diri jika merasa terancam.

- Gunakan Sepatu dan Celana Panjang

Saat berjalan-jalan di area yang mungkin dihuni oleh ular, selalu gunakan sepatu yang menutupi seluruh kaki dan celana panjang. Ini bisa memberi sedikit perlindungan ekstra.

- Hindari Area Semak

Ular piton sering bersembunyi di semak-semak atau tumpukan dedaunan. Hindari menempatkan tangan atau kaki kamu di tempat-tempat yang kamu tidak bisa lihat dengan jelas.

- Gunakan Senter di Malam Hari

Jika kamu berjalan-jalan di malam hari di daerah yang mungkin ada piton, gunakan senter untuk memastikan kamu dapat melihat jalannya dan mengenali potensi bahaya.

- Berkemah dengan Aman

Jika kamu berkemah di alam liar, pastikan untuk menyegel tenda kamu dengan baik. Hindari meninggalkan makanan di luar yang dapat menarik perhatian hewan dan ular.

- Jangan Menyimpan Hewan Peliharaan di Luar

Jika kamu tinggal di daerah dengan populasi piton yang tinggi, pertimbangkan untuk tidak menyimpan hewan peliharaan di luar rumah, terutama yang kecil, karena mereka bisa menjadi mangsa.

- Cari Bantuan Jika Diperlukan

Jika kamu menemukan piton di rumah atau di kawasan pemukiman, sebaiknya hubungi ahli herpetologi lokal atau otoritas setempat untuk meminta bantuan dalam menghapusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya