Ustaz Adi Hidayat Sarankan Baca Doa Qunut Nazilah untuk Bantu Palestina

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • YouTube Adi Hidayat Official

Jakarta  – Ustaz Adi Hidayat (UAH) memberikan responnya terhadap perang antara Israel dan Palestina. Seperti diketahui, pada belum lama ini Israel secara resmi telah mendeklarasikan perang kepada Hamas Palestina dan mengambil langkah militer sebagai respons serangan Hamas ke Israel. 

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Melalui video dalam kanal YouTube-nya, Adi Hidayat Official, sang ustaz mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung dan memberikan doa kepada Palestina di masa peperangan yang tengah terjadi saat ini. 

Ustaz Adi Hidayat

Photo :
  • Tangkapan layar
Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

“Saya ingin mengajak kita semua lapisan negara Indonesia tanpa kecuali, bila dulu Palestina luar biasa mendukung kita dengan doa dengan kampanye mereka dengan kekuatan lobi mereka, maka solusi terbaik untuk mengatasi krisis saat ini, khususnya yang terjadi di Palestina tiada lain adalah memberikan kesetaraan dalam kebebasan berkehidupan, memberikan kesetaraan dalam eksistensi bernegara,” kata Ustaz Adi Hidayat yang dikutip VIVA dari YouTube Adi Hidayat Official pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memberikan doa kepada Palestina dengan membaca doa Qunut Nazilah. Doa tersebut diberikan agar Palestina mendapatkan kemerdekaan mereka. 

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

”Bagi umat Islam saya juga menyarankan untuk bisa melakukan doa Qunut Nazilah dikhususkan kepada para pejuang-pejuang untuk mendapatkan kemerdekaan seperti yang diharapkan” tambah Ustaz Adi Hidayat. 

Tentang Doa Qunut Nazilah

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Freepik

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang dibaca dalam sholat oleh umat Muslim ketika menghadapi bencana atau musibah yang menimpa umat Islam atau negeri mereka. Doa ini memiliki fungsi sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar melindungi dan menyelamatkan umat Islam dari bencana atau ancaman yang sedang terjadi atau mendekati mereka.

Bacaan doa Qunut Nazilah seringkali dibaca dalam situasi-situasi krisis, seperti bencana alam, perang, pandemi, atau ancaman serius lainnya. Hal ini mencerminkan pentingnya berdoa kepada Allah SWT dalam situasi genting dan mengharapkan perlindungan-Nya serta rahmat-Nya. Doa ini juga mencerminkan rasa ketergantungan dan kepatuhan umat Muslim kepada Allah dalam menghadapi cobaan dan ujian dalam kehidupan mereka.

Ustadz Adi Hidayat

Photo :
  • Youtube Adi Hidayat Official

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengamalkan doa Qunut Nazilah selama satu bulan secara berturut-turut. Berikut ini isi hadits dan penjelasannya, yang dilansir dari laman Kementerian Agama (Kemenag).

“Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW membaca doa qunut (nazilah) selama sebulan berturut-turut dalam shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Shubuh selepas mengucapkan: ‘Sami’allahu liman hamidah’ di rakaat terakhir, beliau mendoakan kehancuran bani Sulaim, (yaitu) suku Ri’il, Dzakwan, dan ‘Ushayyah, dan orang-orang di belakangnya mengucapkan “Aamin”. (Hadits Shahih diriwayatkan Imam Ahmad).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya