Viral Persahabatan 6 Orang Beda Agama, Harmonis dan Menginspirasi

Persahabatan 6 Orang dengan Agama Berbeda
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Jakarta – Seperti diketahui Indonesia adalah sebuah negara yang multikultural dan terdiri atas beragam sukut, adat, ras, budaya, serta agama. Untuk agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia ada enam yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Berkat keberagaman agama dan ras tersebut, tidak sedikit orang yang sering menggaungkan semanat toleransi setiap setiap umat beragama. Lewat media sosial, biasanya banyak anak muda yang memperlihatkan indahnya perbedaan dalam momen kebersamaan. 

Terkini, viral sebuah video di TikTok yang memperlihatkan anak muda yang mencerotakan perhabatan enam orang temannya yang menganut agama berbeda. Mereka kemudian melakukan wisata religi bersama ke setiap tempat ibadah

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Persahabatan 6 Orang dengan Agama Berbeda

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Video tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @hijkadek yang memperlihatkan indahnya perbedaan saat bersama teman-temannya. Pemilik akun TikTok tersebut diketahui bernama Kadek dan teman-temannya itu mendampingi ketika salah satu temannya beribadah. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

“Kebetulan banget kami ber 6 beda agama, jadi kami semua ikut ibadah ke semua agama, ternyata seru abiezz #bhinekatunggalika Typo: Gereja Bethel Indonesia. maaf keyboard nya auto type,” tulis pemilik akun TikTok @hijkadek. 

Video itu diawali dengan momen Laras yang beragama Katolik beribadah di Gereja Katedral, kemudian dilanjutkan dengan Nana yang beribadah di Gereja Bethel Indonesia, lalu Ricky dan Pia yang beragama Buddha dan Konghucu beribadah di Dharma Bhakti Temple. 

Setelah itu, video tersebut dilanjutkan dengan momen Erlangga yang beragama Islam menunaikan sholat di Masjid Istiqlal dan terakhir bagian Kadek yang membagikan momen ketika dirinya sembahyang di Pura Adhitya Jaya. 

Dalam video itu, pemilik akun menceritakan soal wisata religi bersama teman-temannya itu hingga mencuri perhatian warganet. Dikatakan bahwa sejak dulu dirinya memang penasaran dan mau berkunjung ke tempat ibadah enam agama di Indonesia. 

Persahabatan 6 Orang dengan Agama Berbeda

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Dalam video yang diunggah pada 10 Oktober 2023 tersebut sudah ditonton oleh jutaan pengguna. Sementara itu, kolom komentar dibanjiri dengan ribuan ungkapan warganet yang merasa bangga dengan sikap toleransi beragama yang dilakukan oleh mereka. 

“Kerennn, seandainya semua manusia yg berada di Indonesia bisa seperti ini,” kata warganet berandai jika semua orang bisa saling menghargai perbedaan.

“Jujur pengen temenan sama yg beda agama, kenapa? toleransinya justru lebih besar dr pd yg se agama, apalagi kalau kita ibadah tp temen engga,” imbuh yang lainnya.

“Dari dulu pemgen banget punya temen deket yang beda agama, biar merasakan adanya tolernsi agama,” kata warganet yang juga ingin punya teman beda agama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya