Pendapatan per Hari Manusia Silver di Jakarta, Terbesar Ada yang Sampai Rp500 Ribu

Manusia Silver di Jakarta
Sumber :
  • TikTok: @kementerian.keduitan

JakartaKeberadaan manusia silver sepertinya bukan lagi hal asing di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jakarta. Bahkan, hampir setiap persimpangan, mulai dari pagi hingga malam hari mereka dapat ditemui.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Manusia silver mulanya berasal dari kelompok yang menamai diri mereka ‘Silver Peduli’. Kelompok ini terbentuk di Kota Bandung pada awal tahun 2012. Mereka memiliki semboyan ‘berawal dari meminta, lalu memberi’.

Wisnu manusia silver

Photo :
  • YouTube VDVC Talk
Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Aksi mereka kerap dilakukan di beberapa tempat di Bandung. Uang hasil aksi tersebut kemudian disumbangkan untuk anak yatim piatu yang belum dapat bantuan pemerintah.

Aksi tersebut bukan untuk menentang pemerintah, namun hanya sebatas solidaritas kemanusiaan. Alhasil, banyak masyarakat yang tertarik melihat mereka dan memberi sejumlah uang.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Dari sinilah keberadaan manusia silver semakin menjamur, namun tidak diketahui pasti apakah uang tersebut masih disumbangkan atau digunakan seluruhnya untuk kebutuhan pribadi.

Terlepas dari tanda tanya tersebut, penghasilan manusia silver di Jakarta terbilang cukup fantastis. Bahkan, seorang manusia silver mengaku dapat memperoleh uang hingga Rp 500 ribu per hari.

Hal terkait pendapatan manusia silver per hari ini diketahui dari unggahan akun TikTok @kementerian.keduitan yang dilihat pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Dalam video berdurasi 29 detik itu pengunggah mewawancarai tiga orang manusia silver. Dia menanyakan berapa penghasilan rata-rata yang didapat selama seharian berkeliling di jalan-jalan Ibu Kota.

“Kalau penghasilan rata-rata per hari berapa bang?” tanya perekam video.

Menjawab pertanyaan itu, tiga orang manusia silver mengungkap penghasilan mereka per hari tidak menentu, terkadang sepi, namun ada kalanya mereka mendapat uang yang banyak.

Ilustrasi manusia silver

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

“Per hari Rp 200 ribu, paling minim Rp75 atau Rp 80 ribu,” ucap seorang manusia silver

“Biasanya gocap (Rp50 ribu) sehari atau Rp 60 ribu,” jawab temannya

“Kadang Rp 150 ribu, kadang Rp130 ribu,” timpal yang lain

Lebih lanjut, saat ditanya penghasilan terbesar yang pernah mereka dapat dalam satu hari, seorang manusia silver menjawab pernah mengantongi Rp500 ribu. Biaya tersebut belum dikurangi dengan modal cat sebesar Rp 20 ribu.

“Biaya cat mentok Rp20-25 ribu buat beli (cat) silver sama minyaknya,” jawab mereka.

(Foto Ilustrasi) Manusia silver wanita terjaring razia Satpol PP

Photo :
  • Tangkapan layar video/Andrew Tito
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya