Tato Berumur 1.300 Ditemukan, Bentuknya Gak Nyangka

Tato Berumur Ribuan Tahun
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA LIfestyle – Dalam penemuan yang sangat langka, para ilmuwan telah menemukan tato berusia 1.300 tahun dengan simbol Kristiani pada kaki yang diawetkan menjadi mumi di Sudan.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dilansir dari Mail Online, JUmat, 27 Oktober 2023, pemilik tato ini dikuburkan di biara Ghazali, yang terletak 15 km dari tepi sungai Nil di Sudan Utara, dan kemungkinan besar adalah salah satu biarawan yang tinggal dalam komunitas tersebut.

Tato Berumur Ribuan Tahun

Photo :
  • Tangkapan Layar
Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Para arkeolog di Universitas Purdue secara tidak sengaja menemukan tato di kaki tersebut, yang tampaknya menggambarkan simbol yang mengacu pada nama Yesus Kristus.

Ini adalah contoh kedua dari tato yang ditemukan dari zaman Sudan Abad Pertengahan, yang pada saat itu merupakan bagian dari kerajaan Nubia. Dr. Robert Stark, yang memimpin studi bioarkeologis sisa-sisa Ghazali, mengatakan bahwa tato ini adalah tato pribadi yang mungkin dimaksudkan sebagai penanda perjalanan spiritual.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Tato ini mencakup simbol yang disebut 'Christogram' yang menggabungkan huruf Yunani 'chi' dan 'rho' untuk membuat monogram yang merupakan singkatan dari nama Kristus.

Tato ini juga mencakup huruf alpha dan omega - huruf pertama dan terakhir dalam alfabet Yunani - yang mewakili keyakinan Kristiani bahwa Tuhan adalah awal dan akhir segala sesuatu.

Dr. Stark mengatakan bahwa simbol-simbol ini telah lama digunakan sebagai representasi iman Kristen, dengan huruf alpha dan omega diperkenalkan oleh Kaisar Romawi Konstantinus sekitar tahun 300 M.

Ia menambahkan bahwa orientasi tato tersebut menunjukkan bahwa tato itu dirancang untuk dilihat oleh individu, menunjukkan makna yang bersifat pribadi daripada publik.

Penemuan ini dilakukan secara kebetulan oleh Kari Guilbault, seorang mahasiswa Ph.D di Purdue, yang sedang memotret sisa-sisa tersebut. Meskipun ahli dalam praktik tato Abad Pertengahan, Guilbault tidak sedang memeriksa sisa-sisa itu untuk mencari tato, dan dia mengatakan bahwa penemuan ini "benar-benar kebetulan."

Tato Berumur Ribuan Tahun

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saat membuka pembungkus kaki tersebut, Guilbault melihat tanda di kaki, yang pengalamannya sebelumnya menunjukkan bahwa itu bisa menjadi tato.

Dengan menggunakan fotografi spektrum penuh dan perangkat lunak pengeditan gambar khusus yang awalnya dibuat untuk mempelajari lukisan gua, Guilbault berhasil mengungkap tato tersebut dengan detail yang memukau.

Sebagai contoh kedua tato Nubia Abad Pertengahan yang pernah ditemukan, penemuan ini memberikan wawasan menarik tentang praktik tato pada masa itu.

Tato-tato sebelumnya dari wilayah ini menggunakan teknik 'titik dan garis,' menurut Guilbault, dan terutama terdiri dari pola-pola geometris atau bunga. Namun, kedua tato dari periode Abad Pertengahan ini adalah simbol-simbol keagamaan dan memiliki garis lurus yang jauh lebih konsisten.

Tato ini juga mengubah teori bahwa hanya perempuan di Nubia Abad Pertengahan yang ditato, karena ini adalah tato pertama yang pernah ditemukan pada sisa-sisa tubuh laki-laki. Tato Nubia Abad Pertengahan lainnya adalah monogram Santo Mikael yang ditemukan di paha dalam seorang perempuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya