Bukannya Belajar, Peserta Tes CPNS Kepergok Bawa Jimat Hingga Bunga Kantil

Jimat yang Dibawa oleh Peserta CPNS 2023
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Jakarta – Peserta seleksi CPNS 2023 kedapatan melakukan kecurangan. Alih-alih belajar maksimal untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut, mereka malah membawa benda-benda tak terduga. Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tampak membawa jimat saat tes berlangsung.

Ombudsman Usul Seleksi CASN Tahun 2024 Ditunda agar Tak Dijadikan Komoditas Politik Pilkada

Jimat yang dibawa oleh para peserta CPNS tersebut berupa rajah, sebuah gulungan kertas dengan tulisan huruf tertentu, garam, dan kembang kantil yang terbungkus kain putih. Peserta yang membawa barang itu diharapkan memperoleh keberuntungan dalam tes CPNS 2023.

Kabar mengenai temuan para peserta yang membawa jimat tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @arizalramadhannn. Namun, belum diketahui di lokasi mana temuan adanya para peserta yang membawa jimat untuk mendapatkan keberuntungan dalam seleksi tersebut. 

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie

Jimat yang Dibawa oleh Peserta CPNS 2023

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Untuk mengantisipasi para peserta yang berlaku nakal hingga membawa barang-barang tersebut ke area tes, petugas memperketat penggeledahan mulai dari pakaian, celana, hingga ikat pinggang yang dipakai oleh para peserta. 

Viral, Mempelai Pria Ini Ijab Kabul Seperti Komentator Sepakbola

Tes SKD CPNS 2023 saat ini memasuki tahap Seleksi Dasar Kompetensi (SKD) yang mana peserta harus melewati pemeriksaan sebelum memasuki ruangan tes untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan selama pelaksanaan tes. 

Sebelum itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan bahwa seleksi CPNS dan PPPK berjalan adil. Ketua instansi itu memastikan tak ada praktik tolong menolong dalam seleksi tersebut. 

Jimat yang Dibawa oleh Peserta CPNS 2023

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Deputi Bidang sistem informasi kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, para peserta seleksi CPNS 2023 diimbau untuk tak percaya kepada pihak yang mengaku BKN maupun instansi terkait yang menjanjikan kelulusan. 

Suherman juga memastikan bakal memberikan sanksi tegas jika menemukan karyawan BKN yang terbukti telah melakukan tindak kecurangan atau membantu peserta dalam pelaksanaan seleksi calon aparatur negara (CASN). 

"Jika petugas atau pegawai BKN melakukan itu mereka akan tidak atas permintaan sendiri. Tetap diberhentikan. Jadi tidak ada pilihan itu mereka tandatangani. Kita akan menyiapkan fakta integritas," kata Suharmen saat ditemui, di Kantor Pusat BKN, Jakarta. 

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya