Acungkan Pedang di Hadapan Polisi, Habib Bahar Minta Laskar Manguni Dibubarkan

Habib Bahar bin Smith acungkan pedang
Sumber :
  • YouTube

Bitung – Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith kembali bersuara soal bentrokan yang terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada Sabtu, 25 November 2023 lalu.

Heboh Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan, Ketum GP Ansor Buka Suara

Dalam video yang diunggah di YouTube pribadinya, Habib Bahar mendesak polisi untuk membubarkan Laskar Manguni lantaran telah pro-Israel dan berbuat anarkis kepada massa aksi bela Palestina.

Habib Bahar bin Smith acungkan pedang

Photo :
  • YouTube
Intip Polres Depok dan Kejaksaan Musnahkan Narkoba dan Miras, Begini Caranya

Diketahui Bahar menyampaikan pesannya itu saat hadir dalam salah satu acara di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Kamis, 29 November 2023 lalu.

Tampak dia mengenakan pakaian adat khas Melayu, sambil mengangkat pedang panjang serta di sisi kirinya duduk seorang polisi dan para tokoh adat Sambas.

4 Polisi Disanksi Penempatan Khusus Buntut 16 Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur

"Mereka (Manguni) membakar bendera lailahaillallah, menghancurkan ambulans yang di dalamnya terdapat anak kecil dan terdapat kaum perempuan. Saya tanya ini perbuatan bejat atau tidak? Lawan atau biarkan," ucapnya seperti dilihat Jumat, 1 Desember 2023.

Habib Bahar bin Smith mengancam, jika Laskar Manguni tak kunjung dibubarkan, maka ia bersama jemaahnya yang akan bergerak membubarkan.

“Kalau pemerintah tidak bubarkan, maka demi Allah, kami yang akan membubarkan,” kata dia

“Makanya saya sampaikan kepada pihak kepolisian Mabes Polri, khususnya Polda Sulut untuk usut ini kasus sampai tuntas,” sambungnya

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Ajakan Bahar tersebut mendapat dukungan dari ribuan massa yang hadir dalam acara tersebut. Seluruh hadirin tampak beramai-ramai berteriak “siap” menimpali ucapan sang Habib.

"Merdeka, merdeka, merdeka. Allahu Akbar, Allahu Akbar. Kalau lidah tidak didengar maka pedang yang akan bicara," tegas Bahar sambil menghunuskan pedang yang dibawanya itu.

Sebagai informasi, bentrok yang melibatkan Laskar Manguni dengan massa aksi bela Palestina di Bitung Sabtu, 25 November 2023 itu menyebabkan beberapa orang terluka serta satu unit mobil ambulans hancur.

Beruntung peristiwa itu dapat diredam oleh aparat kepolisian setempat dan kedua kubu juga dikabarkan sudah berdamai.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya