Naro Kancie, Sosok Heroik di Balik Evakuasi Para Pendaki yang Terjebak Erupsi Gunung Marapi

Naro Kancie
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Kabar duka cita datang dari para pendaki Gunung Marapi beberapa hari lalu. Di balik proses evakuasi para korban yang terjebak erupsi Gunung Marapi tersebut, menyimpan kisah penuh insipirasi dari salah satu sosok Naro Kancie

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Nama Naro Kancie beberapa hari ini menyedot perhatian warganet di media sosial setelah banyak pendaki menjadi korban akibat erupsi di Gunung Marapi. Sosoknya beberapa waktu belakangan ini berseliweran di media sosial sedang menggendong para survivor Gunung Marapi. Lantas, siapa itu Naro Kancie?

Antisipasi Erupsi Marapi Ganggu Penerbangan, Sumbar Modifikasi Cuaca Bikin Hujan Buatan

Inyiak Gunung Marapi 

Banyak orang menyebut sosok Inyiak Gunung Marapi ini dengan sebutan Pak Naro atau Uda Naro, tepatnya Naro Kancie. Naro sendiri adalah gelar pria Minangkabau setelah dia menikah, sedangkan Kancie adalah panggilan masa kecilnya. 

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Pria berumur  53 tahun bernama asli Ismail ini,  tengah disibukkan untuk membantu proses evakuasi para survivor pendaki yang terjebak pasca erupsi Gunung Merapi yang terjadi Minggu, 3 Desember 2023 Jam 14.54 WIB.

Naro Kancie

Photo :
  • Tiktok/Dewi Songket

Andalan Para Pendaki Gunung Marapi 

Pak Naro Kancie, sesuai namanya kancie atau kancil tentulah  lincah dan gesit, warga Padang Tarok Nagari Batu Palano Kecamatan Sungai Puar Kabupaten Agam  ini, menjadi andalan ketika terjadi sesuatu dengan para pendaki Gunung Marapi. 

Gunung Marapi dengan ketinggian 2.800 mdpl, adalah perjalanan sehari-harinya. Sejak masa anak-anak dulu, tahun 1980-an dia sudah berulang kali naik gunung, membantu bapaknya sebagai pemanen belerang di kawah Marapi. Boleh disebut Bapaknya adalah ketua regu pemanen Belerang, nagari Batu Palano menurut berbagai sumber yang didapat.

Buka Warung di Pintu Rimba

Naro Kancie dan keluarga besarnya pernah menjajal usaha dengan membuka warung di Pintu Rimba, yang disebut juga Pesangrahan. Tidak hanya itu, ada juga warungnya yang terletak di cadas, sebutan antara peralihan gunung Marapi yang bervegetasi dengan bebatuan tandus di bagian puncak. Hanya saja setelah 17 Agustus 2023 ini, warung itu tidak lagi diisinya, lebih fokus mengelola ladang di nagari.

Menjual Berbagai Kebutuhan Mendaki

Alih-alih menjual makanan, Naro menyediakan berbagai kebutuhan pendaki, bahkan dia selalu bersedia menolong ketika pendaki mengalami masalah. Marapi merupakan candu bagi para pendaki gunung. 

Heroik Evakuasi Pendaki 

Mungkin tak banyak yang tahu, jika sosok heroik di balik proses evakuasi para pendaki Gunung Marapi pasca erupsi adalah Naro Kancie. Dia merupakan sosok heroik dibalik evakuasi Zhafirah, pendaki wanita yang videonya viral usai kirim rekaman tersebut ke pihak keluarga saat dirinya terjebak erupsi Gunung Marapi dan memperlihatkan kondisinya.

Dalam video tersebut Zhafirah mengirim sebuah pesan singkat berupa video kepada Ibunya melalui handphone pendaki lain yang tercecer di jalur pendakian untuk meminta tolong.

Melansir dari laman pasbana, Naro Kancie atau yang dikenal juga dengan sebutan Pak Naro atau Uda Naro itu membantu proses evakuasi Zhafirah bersama dua rekannya yang lain menuju titik aman di posko Batu Palano.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya