Kabar Terkini Pemeran Kotaro Minami di Serial TV Populer 1980-an Kamen Rider Black

Tetsuo Kurata, pemeran Kotaro Minami di serial Kamen Rider Black
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Kamen Rider Black merupakan serial televisi drama pahlawan super Jepang. Ini adalah seri kedelapan dalam seri Kamen Rider dan merupakan produksi bersama antara Ishimori Productions dan Toei. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Serial ini ditayangkan di Mainichi Broadcasting System dan Tokyo Broadcasting System dari 4 Oktober 1987 hingga 9 Oktober 1988. Untuk tujuan distribusi, Toei menyebut serial televisi ini sebagai Kamen Rider Black.

Karakter utama Kotaro Minami yang bisa berubah menjadi pahlawan super Kamen Rider Black diperankan oleh Tetsuo Kurata. Serial Kamen Rider Black ini pun populer, melampaui serial Kamen Rider di era 1970-an awal.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Kepopuleran serial Black Kamen Rider yang di Indonesia lebih dikenal dengan Satria Baja Hitam mendongkrak popularitas sang pemeran utama, Tetsuo Kurata. Di era 1980-an, Tetsuo Kurata menjadi idola anak-anak yang menggemari serial ini.

Profil Tetsuo Kurata

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Tetsuo Kurata lahir di Tokyo pada 11 September 1968. Serial Kamen Rider Black menjadi debut Tetsua di layar kaca. Usianya saat itu masih 19 tahun. Kesuksesan ini membuatnya mengembangkan sayap di dunia hiburan dengan menjadi model, penyanyi, aktor televisi, panggung, dan film Jepang.

Ada yang menarik saat pria yang kini berusia 55 tahun itu sebelum terpilih sebagai pemeran utama serial Black Kamen Rider. Tetsuo Kurata mengikuti audisi untuk peran Kotaro Minami pada Januari 1987, ketika dia baru saja lulus SMA. 

Dalam wawancara tahun 2006, Tetsuo Kurata menyatakan bahwa, selama audisi, dia belum mampu memerankan karakter tersebut dengan tepat, dan tidak berpikir dia akan mendapatkan peran tersebut. 

Yang mengejutkan, ia dipilih oleh sang produser Shōtarō Ishinomori sendiri untuk memainkan peran utama, mengalahkan sekitar 8.000 kontestan lainnya. 

Selama periode ini, Tetsuo Kurata menjalani pelatihan intensif yang mencakup teknik pertarungan panggung, sesi latihan fisik, serta pelajaran akting dan menyanyi.

Pada tanggal 4 Oktober 1987, Kamen Rider Black ditayangkan perdana di TBS dan mendapat pujian publik dan kritikus. 

Kesuksesan serial ini, yang berlangsung selama 51 episode, menghasilkan minat yang cukup besar dari para eksekutif Perusahaan Toei untuk membujuk mereka memproduksi sekuelnya, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam franchise Seri Kamen Rider. 

Battle Hopper milik Ksatria Baja Hitam. Foto: Japantoday.

Photo :
  • Japantoday.

Setelah menyelesaikan pekerjaannya di Black, Tetsuo Kurata didekati Toei dan memperbarui kontraknya selama satu tahun lagi dengan imbalan kenaikan gaji untuk mengerjakan sekuel Kamen Rider Black, yaitu Kamen Rider Black RX. 

Seri kedua ini kurang sukses dibandingkan pendahulunya karena gayanya yang jenaka dan lucu, yang sangat berbeda dari seri aslinya yang bernuansa gelap dan gelap. 

Dalam wawancara majalah tahun 1989, Tetsuo Kurata mengatakan bahwa meskipun dia lebih menyukai Kamen Rider Black, dia tetap senang memerankan karakter Kamen Rider Black RX hingga selesai. 

Pada tahun 2009, Tetsuo Kurata kembali sebagai Kotaro Minami di film Decade: All Riders vs. Dai-Shocker dan juga menjadi bintang tamu di Kamen Rider Decade. Dia selanjutnya mengulangi perannya pada tahun 2015 untuk Super Hero Taisen GP.

Setelah Black RX berakhir, Tetsuo Kurata muncul di berbagai serial televisi dan drama sebagai karakter pendukung. Dia menghilang dari sorotan publik setelah sempat mengambil jeda dari industri hiburan.

Tapi Tetsuo Kurata kembali mengisi suara Kotaro Minami/Kamen Rider Black di Kamen Rider: Seigi No Keifu, serta muncul di Battle of the Cooking Iron (Ore Gohan ), melawan Takayuki Tsubaki, yang dikenal karena perannya sebagai karakter utama Kamen Rider Blade.

Jauh dari dunia hiburan, Tetsuo Kurata memiliki restoran steak bernama Billy the Kid di Kōtō, Tokyo. Dia juga sesekali berakting dalam drama TV dan sandiwara panggung di waktu luangnya.

Tetsuo Kurata yang kini berusia 55 tahun cukup aktif membagikan aktifitasnya saat ini di media sosial. Salah satunya lewat Instagram. Tampak wajahnya awet muda meski sudah berlalu 30 tahun lewat silam saat dia memerankan Kamen Rider Black.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya