Profil dan Agama Pangeran Abdul Mateen, Putra Sultan Brunei yang Bakal Segera Menikah

Pangeran Abdul Mateen dan kekasih.
Sumber :
  • Town and Country.

Brunei Darussalam – Nama Pangeran Abdul Mateen belakangan ini menjadi sorotan warganet di media sosial, terutama kaum Hawa. Bagaimana tidak, pria tampan penerus takhta kerajaan Brunei Darussalam itu bakal segera menikah dengan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam. 

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Anisha sendiri adalah cucu dari penasihat khusus Sultan, Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim. Anisha juga menduduki jabatan Penasihat Khusus Sultan dan Menteri di Departemen Perdana Menteri di pemerintahan Brunei Darussalam. 

Keduanya bakal melaksanakan royal wedding pada hari ini, Minggu, 7 Januari 2024. Namun, kabar tersebut membuat banyak kaum hawa patah hati lantaran Pangeran Mateen akan menjadi pemilik Anisha sepenuhnya. Nah, berikut profil Pangeran Mateen selengkapnya. 

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Profil Pangeran Abdul Mateen

Pangeran Brunei Abdul Mateen Bolkiah

Photo :
  • Instagram
Dituding Nikahi Sukhdev Singh karena Uang, Bunga Zainal Beri Jawaban Menohok

Pangeran Abdul Mateen lahir di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 10 Agustus 1991. Ia diketahui menjadi anak ke-10 dari pasangan Sultan Hassanal Bolkiah dengan Puan Mariam binti Abdul Aziz. Ia sempat menempuh pendidikan di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris. 

Dalam bahasa Melayu, Pangeran Abdul Mateen ini memiliki nama dan gelar yang cukup panjang, yaitu Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Abdul Mateen. Pria yang diketahui menganut agama Islam iu banyak menghabiskan waktu kecilnya di Brunei Darussalam. 

Pendidikan

Pangeran Abdul Mateen dan kekasih.

Photo :
  • Town and Country.

Ketika SD, Pangeran Abdul Mateen sempat menempuh pendidikan di SD St. Andrew School. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan jenjang menengah di Paduka Seri Begawan Sultan Science College dan Sekolah Internasional Jerudong yang merupakan sekolah terbaik di Brunei Darussalam. 

Setelah itu, Abdul Mateen muda terbang ke Inggris untuk melanjutkan pendidikan. Ia masuk ke dalam kursus kedinasan di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris. Pada saat itu, ia menjadi seorang kandidat termuda yang diterima di lembaga pendidikan militer tersebut. 

Pangeran Abdul Mateen berhasil lulus dari kursus komisioning sebagai perwira kadet dan naik pangkat menjadi Letnan Dua pada tahun 2011. Kemudian, pada 2014 ia meraih gelar Bachelor of Arts pada jurusan politik internasional dari King’s College University di London.

Pangeran Abdul Mateen, Brunei Darussalam

Photo :
  • Instagram

Usai meraih gelar sarjana, Pangeran Abdul Mateen melanjutkan studi ke jenjang magister. Ia berhasil meraih gelar Master of Arts pada jurusan Studi Internasional dan Diplomasi dari School of Oriental and African Studies di University of London pada tahun 2016.

Tak berhenti di sana, Pangeran Abdul Mateen juga sempat menjalani pendidikan di Helicopter Flying School di RAF Shawbury. Pria berusia 32 tahun itu menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar sebagai pilot mengikuti jejak sang ayah yang sempat menjadi pilot helikopter. 

Setelah itu, Pangeran Abdul Mateen dianugerahi brevet penerbang dari sang ayah. Tiga tahun berlalu, pada 20 Mei 2021 ia naik pangkat menjadi walikota. Pada September 2021, Pangeran Abdul Mateen menjalani kursus All Arms Commando (AACC) di Pusat Pelatihan Komando Marinir Kerajaan (CTCRM), Lympstone, Devon, Britania Raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya