Terungkap, Ini Penyebab Laki-laki Lebih Baik dari Perempuan saat Baca Google Map

Aplikasi Google Maps.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Laki-laki cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang arah dibandingkan perempuan. Contohnya, seperti membaca peta (google map). Menurut riset, hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan dalam cara mereka dibesarkan.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kinerja laki-laki sedikit lebih baik daripada perempuan dalam tugas navigasi spasial. Beberapa peneliti berpendapat bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh evolusi.

Karena pada zaman prasejarah, laki-laki biasanya menempuh jarak yang jauh untuk berburu, sementara perempuan sering kali tinggal lebih dekat dengan rumah. 

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Hal ini mungkin mengakibatkan tekanan seleksi pada laki-laki untuk mengembangkan keterampilan navigasi yang lebih baik.

Namun jika hal tersebut terjadi, gen-gen tersebut juga akan diturunkan kepada keturunan perempuan, kecuali jika mereka berada pada kromosom Y, kata Justin Rhodes dari University of Illinois Urbana-Champaign. 

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Ilustrasi Pria main Pokemon Go.

Photo :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

“Alternatif yang sangat jelas adalah budaya,” kata Justin Rhodes seperti dilansir dari Newscience, Rabu 17 Januari 2023. “Ini memainkan peran besar dalam apa yang dialami pria dan wanita.”

Misalnya, anak laki-laki mungkin menerima lebih banyak dorongan untuk bermain di luar dibandingkan dengan anak perempuan, sehingga dapat membantu mereka mengasah keterampilan navigasi mereka, katanya.

Untuk meneliti hipotesa ini, Rhodes dan rekan-rekannya mengumpulkan data dari 21 spesies, termasuk manusia, yang mencakup informasi tentang keterampilan navigasi spasial mereka dan rata-rata seberapa jauh mereka melakukan perjalanan dari rumah.

Jika seleksi alam berperan dalam hal ini, Anda mungkin mengira bahwa jenis kelamin yang melakukan perjalanan jauh dari rumah memiliki keterampilan navigasi yang lebih baik, dan hal ini konsisten antar spesies.

Sebaliknya, tim menemukan bahwa di antara semua spesies, jantan sedikit lebih baik dalam bernavigasi dibandingkan betina. Meskipun pada beberapa spesies, seperti udang karang (Faxonius rusticus) dan katak racun (Oophaga sylvatica), betina memiliki kemampuan lebih baik dalam bernavigasi. wilayah jelajah yang lebih besar.

Temuan ini menunjukkan bahwa perbedaan navigasi antara laki-laki dan perempuan mungkin disebabkan oleh budaya. Hal ini juga bisa jadi merupakan efek samping dari variasi biologis antara jantan dan betina, serta antara hewan jantan dan betina. 

Ilustrasi manusia purba.

Photo :
  • Phys.org

Perbedaan hormonal, misalnya, “dapat mempengaruhi semua jenis sifat”, kata Rhodes. Asalkan sifat-sifat tersebut tidak menghambat reproduksi, maka “evolusi tidak berpengaruh”, katanya.

Dalam studi navigasi spasial sebelumnya yang melibatkan laki-laki dan perempuan yang pernah mengalami pendidikan serupa, tidak ada perbedaan dalam keterampilan ini.

“Para penulis menunjukkan dengan cara yang sangat komprehensif bahwa perbedaan jenis kelamin dalam kemampuan spasial lebih mungkin diperoleh, misalnya melalui budaya,” kata Antoine Coutrot dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis. 

“Kemampuan spasial sama seperti semua kemampuan kognitif: semakin sering Anda menggunakannya, semakin mahir Anda menguasainya.”

Pengendara sepeda motor mengamati aplikasi GPS (pelacak jalan) di gawainya saat berkendara di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya