Video Detik-detik Keganasan Komodo Telan Kambing

Komodo makan anak kambing.
Sumber :
  • X | TheBrutalNature

VIVA – Viral video seekor komodo besar melahap anak kambing hanya dalam hitungan detik. Video ini diunggah akun media sosial X, @TheBrutalNature.

Anang Dihujat Lantaran Tanya Kapan Ghea Nikah, Aurel: Kalau Gak Suka, Gak Usah Nonton

Dalam video berdurasi 35 detik itu, terlihat seekor komodo merayap perlahan ke arah anak kambing yang tidak berdaya. Saat sudah berada dalam jangkauan, komodo langsung melahap mangsanya itu.

Tercatat komodo tersebut hanya membutuhkan sekitar 15 detik untuk menelan bulat-bulat mangsanya itu. Dimulai dari kepala kemudian hingga ekor kambing yang terakhir ditelan.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Video yang diunggah pada akhir 2023 lalu itu sudah ditonton 39, 2 juta kali. Video ini pun dibanjiri komentar beragam dari netizen. "Mati dengan cara seperti itu sungguh sangat gila," tulis seorang netizen. 

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Fakta Menarik Komodo

Komodo atau lengkapnya biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies biawak besar yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Komodo merupakan spesies terbesar dari familia Varanidae, sekaligus kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kg. 

Komodo merupakan pemangsa puncak di habitatnya karena sejauh ini tidak diketahui adanya hewan karnivora besar lain selain biawak ini di sebarang geografisnya.

Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka menjadi salah satu hewan paling terkenal di dunia. 

Komodo telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan habitatnya dijadikan taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo.

Komodo mampu melihat hingga sejauh 300 m, namun karena retinanya hanya memiliki sel kerucut, hewan ini tidak dapat melihat dengan baik di kegelapan malam. 

Komodo mampu membedakan warna namun tidak begitu mampu membedakan objek yang tak bergerak. Komodo tidak memiliki indera pendengaran, walaupun memiliki lubang telinga.

Perburuan rusa di Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Photo :
  • Polri

Komodo menggunakan lidahnya untuk mencium bau mangsanya seperti halnya sebagian besar Squamata. Lidah komodo menangkap partikel bau di udara lalu menaruhnya ke organ di langit-langit mulutnya yang disebut organ Jacobson yang berfungsi untuk menganalisis tanda-tanda dari bau tersebut.

Komodo adalah hewan pemakan hewan lain (karnivora). Akan tetapi, komodo lebih sering memakan daging bangkai. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa komodo berburu mangsa hidup dengan cara mengendap-endap diikuti dengan serangan tiba-tiba terhadap korbannya. 

Ketika mangsa itu sudah dalam jangkauannya, komodo segera menyerangnya dengan menggigit pada sisi bawah tubuh atau tenggorokan. 

Komodo menemukan mangsanya dengan menggunakan lidahnya yang dapat merasakan bau mangsa, binatang mati atau sekarat pada jarak hingga 9,5 kilometer.

Komodo.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya