Daging Babi Mentah Dilihat Pakai Mikroskop, Isinya Bikin Merinding

Daging babi mentah dilihat menggunakan mikroskop
Sumber :
  • TikTok | lshqqw.asdwx

VIVA – Viral di media sosial dan menjadi sorotan netizen, video daging babi mentah yang dilihat menggunakan mikroskop. Terungkap fakta mengerikan di dalam isi daging babi tersebut. 

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Video ini diunggah oleh akun TikTok lshqqw.asdwx pada akhir 2023 silam. Dalam video berdurasi 37 detik itu, terlihat seonggok daging mentah segar yang dillihat menggunakan mikroskop.

"Babi. Apakah sungguh ada parasitnya?" tulis akun tersebut dalam captionnya. "Hari ini, mari kita observasi daging babi menggunakan mikroskop," lanjutnya dalam video tersebut.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Saat dilihat menggunakan mikroskop, langsung terlihat makhluk kecil seperti cacing yang bergerak-gerak. "Ini sosok pertama yang saya temukan," tulis sang pengunggah video.

Tidak lama kemudian, tampak ada banyak makhluk serupa yang terlihat menggunakan mikroskop. Bahkan salah satunya berukuran cukup besar.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

"Ada banyak sosok yang ditemukan di sini sedang menggigit daging babi," lanjut pengunggah video. 

ilustrasi kepala babi

Photo :
  • Nicholas_Demetriades/pixabay

Video ini pun viral, sudah disaksikan jutaan kali dan mendapat ratusan ribu like. Tidak hanya itu, ribuan komentar juga membanjiri kolom komentar di video tersebut.

“Yang sudah belajar biologi smu pasti tahu, cacing pita pada babi, taenia solium paling berbahaya dibanding cacing pita pada sapi,” tulis seorang netizen.

“Semua hewan pasti ada cacingnya kali.. yang penting mah cuci sampe bersih, pengukuran, pemasakan yang matang aja,” sanggah netizen lainnya.

“ini yang menyebabkan pork harus matang, beda sama beef/lamb, bisa setengah matang. bahkan mentah,” timpal netizen lain.

“Kami orang Manado punya makanan terlezat ini pork, ngak apa-apa semua Tuhan sudah sediakan untuk diolah dan dimakan,” tukas netizen lainnya. “Buyutku udah 115 tahun dia makan harus pake daging babi Sampe saat ini beliau sehat aja,” tambah yang lain.

“Bagaimana dengan daging babi yang sudah dimasak hingga matang? apakah parasitnya masih hidup?” tanya seorang netizen, yang dijawab: "Semua daging ada parasitnya, tapi parasit dan bakteri di babi mustahil dibunuh meski daging dimasak."

Fakta Menarik Babi di Dunia

Babi adalah sejenis hewan ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper dan merupakan hewan yang aslinya berasal dari Eurasia. Babi merupakan omnivora yang berarti mereka mengonsumsi daging maupun tumbuh-tumbuhan.

Selain itu, babi termasuk salah satu mamalia yang paling cerdas, dan dilaporkan lebih pintar dan mudah dipelihara dibandingkan dengan anjing dan kucing.

Penelitian medis banyak menggunakan babi, karena secara anatomi dan fisiologi (fungsi) mirip hingga 90 persen dengan manusia, walaupun sistemnya berbeda.

Babi adalah pemakan segala (omnivora) seperti manusia di mana ukuran dan fungsi jantung, ginjal dan pankreas babi mirip manusia. Hingga tahun 1980-an insulin dibuat dengan bantuan babi, tetapi sekarang ini semua insulin adalah sintetis.

Ilmuwan telah berhasil mengunakan kelep jantung babi untuk manusia dan bertahan hingga 15 tahun, implan otot kaki manusia juga telah berhasil dibuat dari jaringan kandung kemih babi.

Babi di Sumatera Utara mati mendadak terkena flu babi.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra.

Dan yang terbaru ilmuwan telah berhasil melakukan implan jantung babi yang telah direkayasa genetika pada primata. Alat-alat kedokteran dan juga obat-obat baru juga sering dites menggunakan babi. 

Dan yang terutama, babi mudah didapatkan dan murah, sehingga dapat mendampingi tikus putih dan kelinci dalam penelitian medis, penggunaan babi juga boleh dikatakan tidak mendapatkan tentangan dari pencinta hewan.

Dalam beberapa kepercayaan agama Abrahamik, babi tidak boleh untuk disentuh (najis) dan dianggap haram untuk dikonsumsi. Contohnya adalah seperti ditulis dalam kitab suci agama Islam al-Quran. 

Babi juga diharamkan untuk dikonsumsi dalam agama Yahudi dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di agama Kristen.

Babi sendiri sebenarnya telah diternak dan dikonsumsi selama ribuan tahun oleh orang Eropa dan orang Asia kebanyakan. Babi adalah makanan yang umum di Nusantara sebelum masuknya agama Islam dari Timur Tengah. 

Beberapa suku bangsa di Indonesia yang masih menjalankan tradisi aslinya selain suku Tionghoa-Indonesia masih mengonsumsi babi sebagai makanan keseharian, seperti Suku Dayak, suku Bali, Toraja, Papua, Batak, Manado, dll. 

Babi Duroc

Photo :
  • Instagram @jason__carroll

Dalam masyarakat Jawa, babi disebut celeng dan juga merupakan hewan ternak yang umum sebelum menyebarnya agama Islam yang mengharamkan babi di Nusantara.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya