Bikin Betah, Keindahan Tersembunyi SDN 9 Bonggakaradeng di Tana Toraja

Keindahan Tersembunyi SDN 9 Bonggakaradeng di Tana Toraja
Sumber :
  • Istimewa

Tana Toraja – UPT Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Bonggakaradeng, Ollon, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan viral di media sosial karena memiliki pemandangan indah di sekelilingnya.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Meski bangunan sekolah tampak sederhana, namun pemandangan perbukitan hijau dan Sungai Sadang yang jernih mengelilinginya, membuat sekolah tersebut tampak megah.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

SDN 9 Bonggakaradeng viral di media sosial usai pemilik akun TikTok @mgdlmps membagikan sejumlah video yang menampilkan pemandangan alam di sekitar sekolah tersebut.

Berdasarkan informasi sekolah.data.kemdikbud.go.id, UPT SDN 9 Bonggakaradeng hanya dihuni 20 murid laki-laki dan 20 murid perempuan.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Mirisnya, sekolah dengan pemandangan yang dapat dibilang sebagai salah satu yang tercantik di Indonesia ini hanya memiliki 5 orang guru di tahun ajaran 2023/2024.

Sekolah yang dibangun di perbukitan tersebut berdiri diatas tanah seluas 17,740 meter persegi dan dilengkapi 7 ruang kelas yang dialiri daya listrik 450 watt.

Kendati demikian, dalam video yang dibagikan akun tersebut, terlihat halaman sekolah tampak bersih tanpa adanya sampah berserakan, hewan ternak warga juga dengan bebas berkeliaran menambah asri suasana.

Berdasarkan penelusuran di Google Maps, tidak ditemukan titik lokasi SDN 9 Bonggakaradeng, adapun pada lokasi yang sama terdapat nama sekolah SD Kecil 357 Ollon.

Informasi dihimpun, bagi anda yang ingin menuju ke Ollon toraja disarankan untuk menggunakan sepeda motor atau mobil jeep untuk mengantisipasi jalan terjal dan berbatu.

Jarak tempuh Ollon dari Kota Makale, ibu kota Kabupaten Tana Toraja sekitar 40,9 kilometer dengan estimasi waktu tempuh lebih dari 1 jam 30 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya