Sosok 4 Jenderal Polisi Lulusan Akpol 1990-2000 Asli Putra Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jakarta - Ada sejumlah jenderal polisi lulusan akpol 1990-2000 yang merupakan asli putra Papua. Selain itu juga, mereka telah menempati posisi yang sangat strategis di Polri.

1.840 Aparat Amankan Malam Takbiran di Jadetabek, Konvoi Takbir Keliling Diputarbalik

Para Jenderal polisi tersebut ada diantaranya menjadi Kapolda Papua. Berikut beberapa Jenderal Polisi lulusan Akpol 1990-2000 asli putra Papua, dilansir akun TikTok andijo186, sebagai berikut:

1. Irjen Pol Mathius Fakhiri

Menhub dan Polisi Pastikan Contraflow Tetap Diberlakukan saat Mudik, Ini Alasannya

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Irjen Pol Mathius Fakhiri merupakan Jenderal Polisi bintang dua yang telah diberi amanat oleh Kapolri untuk menjadi Kapolda Papua sejak 18 Februari 2021.

Satu Jasad Korban Kecelakaan KM 58 Teridentifikasi, Bernama Najwa Ghefira

Mathius Fakhiri merupakan lulusan Akpol tahun 1990. Ia berpengalaman di bidang Brimob. Ia merupakan putra daerah Papua Selatan dan lebih tepatnya berasal dari Bade, Edera, Mappi.

2. Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin

Brigjen Patrige Rudolf Renwarin

Photo :
  • Wikipedeia

Memiliki nama lengkap Petrus Patrige Rudolf Renwarin, ia merupakan Jenderal polisi bintang satu yang kini menjabat sebagai Wakil Kapolda Papua sejak 14 Oktober 2023.

Patrige Rudolf Renwarin lulus dari akpol 1991. Sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda, ia sangat berpengalaman dalam bidang Intel.

3. Brigjen Pol Alfred Papare

Brigjen Pol Alfred Papare merupakan Jenderal Polisi bintang satu. Kini ai menjabat sebagai Wakil Kapolda Papua Barat sejak 14 Oktober 2023.

Alfred Papare menempuh pendidikan Akpol dan lulus pada tahun 1995. Sebelum menjadi Wakapolda, putra daerah Papua itu sangat berpengalaman dalam bidang intel. Selain itu juga, ia juga merupakan cucu dari Pahlawan Nasional yaitu Silas Papare.

4. Irjen Pol Jhonny Edison Isir

Irjen Pol Jhonny Edison Isir

Photo :
  • IG: humaspoldapapua_

Irjen Pol Jhonny Edison Isir merupakan Jenderal polisi bintang dua yang kini menjabat sebagai Kapolda Papua Barat sejak 7 Desember 2023.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Papua, Irjen Pol Jhonny Edison Isir sempat menjadi ajudan Presiden Jokowi. Ia merupakan salah satu Jenderal polisi yang asli putra daerah Papua yang berasal dari Ayamaru, Maybrat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya