Ustaz Adi Hidayat Jawab Soal Salat Tahajud Jam 4 Pagi, Masih Boleh?

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menguraikan tentang waktu yang paling sesuai untuk menunaikan shalat tahajud, sebuah bentuk ibadah malam. Meskipun shalat ini dapat dilakukan sepanjang malam hingga sebelum adzan subuh berkumandang, namun pertanyaan mengenai kapan waktu yang paling tepat untuk melaksanakannya masih sering muncul.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Ada pandangan umum yang menyatakan bahwa shalat tahajud sebaiknya dilakukan setelah tidur, biasanya pada jam 3 pagi. Namun, apakah benar jam 3 pagi adalah waktu yang paling sesuai untuk shalat tahajud? Ustaz Adi Hidayat memberikan penjelasan terperinci mengenai waktu yang paling cocok untuk menunaikan shalat tahajud, berdasarkan kutipan dari ceramahnya yang diunggah oleh tvOnenews.com di kanal resmi YouTube-nya.

"Terkait dengan waktu ini ada ketentuan umum yang menunjukkan isyarat pada kita, mana yang paling mudah untuk kita tunaikan, senyamannya kita. Karena ada orang yang belum mampu bangun di akhir waktu, ada orang yang bangunnya di awal waktu," lanjutnya. 

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Ustaz Adi Hidayat (UAH)

Photo :
  • YouTube: Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa bagi seorang Muslim yang ingin menjadikan shalat tahajud sebagai bagian rutinitas ibadahnya, waktu pelaksanaannya sebaiknya disesuaikan dengan kondisi individu masing-masing. 

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Bagi mereka yang masih beradaptasi dan kebetulan bangun pada awal waktu, disarankan untuk menjalankan shalat tahajud pada saat itu. Namun, bagi mereka yang telah terbiasa dan memiliki kemampuan untuk mengatur waktu bangun, Ustaz Adi Hidayat menyarankan untuk menunda pelaksanaan shalat tahajud hingga menjelang adzan subuh.

"Dalam keadaan demikian, lihat kondisinya, jika antum baru menyesuaikan di awal waktu, maka itu waktu yang sesuai untuk Anda. Maka yang terbaik jika Anda bisa lakukan di akhir-akhir waktunya," kata Ustaz Adi Hidayat. 

Ustaz Adi Hidayat

Photo :
  • Tangkapan layar

“Karena waktu itu banyak waktu-waktu di mana karunia Allah diturunkan, bisa rahmat Allah, bisa ampunan Allah. Orang yang tahajudnya di akhir waktu maka lebih dekat mendapatkan kemuliaan di akhir waktu sebelum fajar, di waktu sahar yang bisa digunakan untuk istighfar, banyak berdoa, memohon rahmat dan sebagainya," lanjutnya. 

Karena itu, Ustaz Adi Hidayat menekankan pentingnya menunaikan shalat tahajud pada akhir-akhir waktu, karena terdapat keutamaan yang lebih besar dalam hal ini. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan terlelap kembali menjelang waktu subuh.

"Kalau Anda bisa tunaikan di akhir-akhir waktu di sepertiga malam itu lebih baik karena bisa langsung disambung ke istighfar di waktu sahar, dan bisa langsung kemudian menunaikan ke subuh karena dekat waktunya," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya