Habib Umar Ungkap Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi, Gerhana Matahari di 15 Ramadhan?

Habib Umar bin Hafidz di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Jakarta – Kemunculan Muhammad bin Abdullah atau dikenal dengan nama Imam Mahdi atau Al Mahdi kerap dikaitkan dengan tanda-tanda bumi memasuki akhir zaman.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Setelah diketahui keberadaannya, Imam Mahdi dikabarkan akan hidup selama 7 atau 8 tahun lamanya sebagaimana diriwayatkan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad.

Habib Umar bin Hafidz di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Disampaikan oleh Abu Said al Khudri RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun." (HR Al Hakim).

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Meski masih ada perdebatan di kalangan umat Muslim soal kapan Imam Mahdi muncul, Pimpinan Pondok Pesantren Dar-al Musthafa, Yaman, Habib Umar bin Hafidz mengungkap salah satu tanda kemunculannya.

Tanda munculnya Imam Mahdi

Sebelum menyampaikan satu tanda kemunculan Imam Mahdi, Habib Umar mengatakan, selama ini gerhana matahari kerap terjadi pada tanggal 9 (awal bulan) atau 30 (akhir) berdasarkan penanggalan Hijriah.

“Tidak pernah terjadi gerhana matahari kecuali tanggal 9 atau 30 bulan Hijriah, dan di masa yang akan datang, munculnya gerhana ini akan menyalahi kebiasaan,” ujar Habib Umar dilihat melalui ungahan video Instagram @cahaya_tarim, Kamis, 14 Maret 2024.

Ilustrasi penampakan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Photo :
  • VIVAnews/Andri Mardiansyah

Menurut Habib Umar, fenomena pertama yang bisa diyakini sebagai tanda Imam Mahdi telah muncul adalah, gerhana matahari tersebut terjadi selain tanggal 9 dan 30 bulan Hijriah.

“Gerhana matahari ini nanti akan terjadi pada tanggal 15 Ramadhan dan ini belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu gerhana matahari yang terjadi di pertengahan bulan Hijriah,” sambungnya.

Gerhana matahari di pertengahan bulan Hijriah itu, lanjut Habib Umar, adalah salah satu tanda akan munculnya Imam Mahdi. Setelah tahun tersebut, Imam Mahdi akan muncul.

“Imam Mahdi akan dibaiat di antara Rukun dan Makam di Kabah,” pungkasnya.

Adapun, umat Muslim meyakini bahwa Imam Mahdi adalah manusia pilihan. Dia berasal dari ahlul bait atau keluarga Nabi Muhammad SAW. Hal ini diketahui dalam hadis berikut:

“Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Al-Mahdi adalah salah satu dari cucu-cucuku, dari keturunan Fatimah (putri Nabi), dia akan muncul ketika orang-orang akan berselisih. Allah akan menyatukan mereka di bawah benderanya, dan dia akan memerintah dengan adil.'” (HR Bukhari).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya