Sederet Golongan Orang-orang yang Jasadnya Tidak Hancur dan Meninggalkan Aroma Wangi

Ilustrasi Jasad
Sumber :
  • pixabay

VIVA Trending – Masih ingatkan Anda dengan kisah penuh inspiratif dan pastinya bikin iri yang datang dari KH Maimoen Zubair atau yang kerap disapa Mbah Moen?  Jika tidak, kami akan kembali mengingatkan kepada Anda bahwa Mbah Moen merupakan sosok ulama yang penuh kharismatik asal Rembang yang dimakamkan di Mekkah ini beberapa waktu lalu membuat publik geger.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Bukan tanpa sebab, hal tersebut terjadi karena jasad dari Mbah Moen saat kembali digali dan ingin dipindahkan ternyata masih dalam keadaan utuh atau tidak hancur sama sekali.  Kesaksian ini diungkapkan oleh pihak petugas makam Ma'la saat itu yang melihat kondisi jenazahnya.

Kisah KH Maimoen yang jasadnya utuh ini pun sukses membuat banyak publik merasa iri. Mengingat, tubuh yang sudah dinyatakan meninggal dunia namun tidak mengalami pembusukan. Namun tidak halnya dengan jasad Mbah Moen.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Berbagai kesaksian orang-orang melihat jasad Mbah Moen membuatnya mereka berasumsi, bahwa ia tergolong orang-orang baik.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Golongan Orang-orang Baik

Ilustrasi Nabi Musa saat membelah laut merah

Photo :
  • johnpratt.com

Dalam Islam sendiri, terdapat beberapa golongan orang yang diyakini jasadnya akan utuh dan wangi saat dibangkitkan di hari kiamat. Menurut pandangan agama Islam, ada beberapa golongan orang yang mayatnya akan tetap utuh dan wangi, meskipun sudah lama terkubur lama di dalam tanah. 

Dikutip dari laman ntb.kemenag.go.id pada Senin, 18 Maret 2024, diketahui bahwa ada hadis riwayat (HR) Bukhari Muslim menerangkan Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ada sepuluh golongan orang yang mayatnya tidak busuk dan tidak hancur akan bangkit dalam keadaan tubuh seperti semula pada hari kiamat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Para nabi
  • Para ahli jihad fisabilillah
  • Para alim ulama yang menegakkan kalimat Allah
  • Para syuhada yang sentiasa memperjuangkan Islam
  • Para penghafal Alquran dan beramal dengan Alquran
  • Imam atau pemimpin yang adil dalam menegakkan syariat Allah
  • Muadzin yang tidak meminta imbalan
  • Wanita yang meninggal sewaktu melahirkan anak serta senantiasa taat pada perintah Allah
  • Orang mati dibunuh atau dianiaya karena mempertahankan kehormatan diri dan agama
  • Orang yang mati di siang hari atau di malam Jumat jika mereka itu dari kalangan orang yang beriman yang sentiasa menjaga hukum agama semasa hidup di dunia. (HR Bukhari Muslim).

Perlu diingat bahwa keyakinan mengenai jasad yang utuh dan wangi di hari kiamat ini merupakan bagian dari kepercayaan Islam. Tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikannya.

Namun, keyakinan ini dapat menjadi motivasi bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Menurut berbagai keterangan sumber, bahwa Rasulullah SAW bersabda roh yang keluar dari jasad anak Adam akan kembali mengunjungi jasadnya setelah tiga hari jasad itu dimakamkan di dalam kubur. 

Tepatnya pada saat roh meminta persetujuan Allah SWT untuk berjalan-jalan melihat kondisi jasadnya di dalam kuburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya