Emak-emak Ngotot Lawan Arah, Pengguna Jalan Lain Ngalah

Emak-emak Ngotot Lawan Arah, Pengguna Jalan Lain Ngalah
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Aksi seorang ibu atau emak-emak melawan arah sambil mengadang laju kendaraan yang hendak melintas viral di media sosial Kamis, 21 Maret 2024.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dilihat melalui unggahan video akun Instagram ini, mulanya terlihat seorang ibu mengendarai kendaraan roda tiga melintas di jalan raya yang ramai dilalui kendaraan. Namun, ibu itu melintas di jalur yang berlawanan.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Bukannya beralih ke lajur semestinya, ibu tersebut malah ngotot melawan arah. Dia bahkan memaksa pengguna jalan lain memberinya jalan.  Ogah meladeni aksi sang ibu, pengendara lain pun mengalah.

Akibat aksinya itu, arus kendaraan di sekitar lokasi menjadi tersendak. Akhirnya, seorang pengguna jalan coba menegur sang ibu, namun upayanya tak membuahkan hasil.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, hal tersebut dilakukan emak-emak di jalan karena kurang paham konsep kesadaran mengenai bahaya di jalan.

“Ibu-ibu kadang-kadang kesadaran tentang bahaya itu kurang di jalan. Kita bisa melihat emak-emak di jalan pasang sein kanan belok ke kiri atau sein kiri belok kanan,” kata Jusri kepada wartawan, Kamis siang.

Dia mengatakan, emak-emak kurang paham terkait konsep jika manuver yang mereka lakukan dapat membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

“Kemudian (emak-emak) melakukan manuver suka-suka dia dan keempat posisi jalan, pengenalan line exercise kurang sekali kadang di tengah dan pelan sekali. Kondisi ini selain membahayakan dia juga membahayakan pengguna jalan yang lain," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya