Pria Ini Rela Mudik ke Aceh Pakai Paspor karena Transit Dulu di Kuala Lumpur

Pria Mudik Pakai Paspor
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Jakarta – Tradisi mudik pada saat Lebaran memang umum di Indonesia. Mudik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perjalanan pulang kampung atau ke kota asal untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Banyak orang yang bekerja atau tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung, melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta. 

Tradisi ini sering kali menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi ajang untuk berkumpul, bermaaf-maafan, dan merayakan kebersamaan. Namun, biaya untuk pulang kampung ini tidak murah dan bahkan bisa naik berkali-kali lipat. 

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Pria Mudik Pakai Paspor

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Hal tersebut membuat para pemudik memilih untuk membeli tiket akomodasi jauh-jauh hari. Seperti baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria yang hendak mudik ke Aceh harus transit terlebih dahulu ke Kuala Lumpur, Malaysia. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Pria tersebut tampak sedang berada di bandara Soekarno Hatta Cengkareng untuk menuju ke kampung halamannya di Aceh. “POV: pulang kampung pake paspor,” tulis akun TikTok @dekjaww, seperti dikutip pada Selasa, 4 April 2024. 

“Pulang kampung harus pake paspor, kalian kalau pulang kampung harus pakai paspor enggak? Padahal kita masih di Indonesia kan,” kata pria tersebut dalam videonya.

Pria tersebut kemudian menceritakan alasan dirinya memilih untuk transit terlebih dahulu ke Kuala Lumpur sebelum melanjutkan perjalanan menuju kampung halamannya yang berada di Aceh. Ia mengatakan bahwa hal ini terjadi karena harga tiket yang terlampau mahal

Ilustrasi mudik

Photo :
  • Pixabay

“Jadi, kita beli tiket pesawat biar lebih murah dari Jakarta transit ke Kuala Lumpur, dari Kuala Lumpur langsung ke Aceh,” ucapanya.

“Kenapa kayak gitu? Karena biar lebih murah, karena kalau beli langsung dari Jakarta ke Aceh langsung itu mahal banget. Alternatifnya harus transit di Kuala Lumpur biar murah tiketnya. Kasihan ya rakyat jelata kayak kita harus cari yang murah-murah,” tandas dia.

Sontak saja unggahan tersebut langsung viral dan sudah dilihat lebih dari 1.8 juta akun TikTok. Video tersebut juga mendapat beragam komentar dari warganet yang mengatakan hal serupa. 

“Sama seperti Medan dan Pekanbaru transit Kuala Lumpur, bisa murah sejutaan,” timpal warganet.

“Masih jadi misteri kenapa domestik lebih mahal daripada internasional,” komen yang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya