Mudik Tak Biasa! Pemuda Ini Ceritakan Perjalanan Mudiknya dengan Cara Nebeng Orang Lain

Mudik Jalur Pantura/ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Seno

VIVA Trending – Perayaan Hari Raya Idul Fitri tentu menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan seluruh umat Muslim di penjuru dunia, setelah satu bulan lamanya menjalani ibadah puasa. Di mana pada momen tersebut, biasanya kita akan melakukan berbagai silahturahmi dengan orang tua maupun kerabat dekat yang ada di kampung halaman

Tingkatkan Efektivitas Penggunaan Biaya Operasional, BPJS Ketenagakerjaan Terima Penghargaan Grab

Bagi yang merantau, mereka pasti akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bisa kembali kumpul bersama keluarga besar.  Di mana momen perayaan hari raya Idul Fitri atau Lebaran ini kerap dimanfaatkan sebagai hari untuk bertemu dan melepas rindu terhadap keluarga besar yang tak setiap waktu bisa dijumpai dengan mudah.

Tak heran, apapun kendalanya pasti akan dilakukan demi bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Salah satunya kendala dalam menempuh kampung halaman. Pada umumnya, para perantau maupun pemudik akan memilih menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. 

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Biasanya, bagi mereka yang sudah lebih dulu menyiapkan dana lebih matang mereka akan memilih mengenakan kendaraan pribadi seperti mobil salah satunya atau transportasi umum lainnya.

Namun bagaimana ceritanya jika menempuh jarak tak biasa ke kampung halaman dengan cara nebeng kendaraan orang lain? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Kendaraan Hidrogen Disebut Cocok untuk Perjalanan Jauh

Mudik Nebeng Orang lain

Baru-baru ini viral di media sosial cerita seorang pemuda pria yang baru saja melakukan perjalanan mudik dengan cara tak biasa alias konyol. Pada umumnya, biasanya kita akan pergi ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi pribadi maupun umum namun tidak dengan pemuda satu ini.

Seorang pemuda baru-baru ini jadi ramai perbincangan warganet di media sosial karena caranya saat menempuh kampung halaman yang terbilang tak biasa.

Diketahui dari unggahan ulang akun Instagram @localfest.id baru-baru ini seorang pemuda berkacamata viral di dunia jagat maya usai membagikan pengalaman tak biasanya di akun TikTok pribadinya @alwijo.bless.

Bukan tanpa sebab, pemuda satu ini mendadak menuai sorotan warganet gara-gara memilih cara tempuh ke kampung halaman dengan nebeng orang lain. Dia adalah Alwi, salah satu pemudik yang membagikan ceritanya untuk bisa mudik ke kampung halaman dengan cara menebeng sejumlah kendaraan milik orang lain. 

Dia merupakan seorang perantau yang tinggal di Jakarta dan ingin mudik ke kampung halaman yang lokasinya berada di Temanggung, Jawa Tengah. Menurut ceritanya, ia berhasil menempuh jarak sekitar 470 KM agar bisa bertemu keluarga besar tercintanya di kampung halaman dan merayakan hari Idul Fitri 1445 H bersama.

Alwi menceritakan bahwa perjalanannya menuju ke kampung halaman dengan mencari tumpangan di pinggiran jalan. Dalam video yang ia bagikan, Alwi terlihat berdiri di tepi jalan sambil berharap ada sebuah transportasi yang memberikannya tumpangan. 

Tentu saja aksinya ini bukan perkara mudah yang dilakukan olehnya, lantaran ia harus berusaha mencari tumpangan yang mau memberikannya izin. Menariknya lagi, ia harus merasakan kesulitan mendapatkan tumpangan hingga Alwi harus merasakan gonta-ganti kendaraan sebanyak 23 kali agar bisa sampai ke kampung halaman Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam ceritanya lebih lanjut, ia sudah melakukan 23 kali ganti kendaraan. Di mana 11 kali ia harus menumpang motor milik seseorang, 7 kali nebeng di mobil pick up orang yang tak dikenalinya hingga 5 kali naik truk berbeda. Tak sampai di situ, ia juga sempat berjalan kaki dengan jarak cukup jauh.

Agar bisa tiba di kampung halamannya, Alwi menghabiskan waktu selama 2 hari. Menurutnya, selama pulang kampung di lebaran 2024 inilah yang paling banyak tantangannya dan mengaku mendapatkan banyak pelajaran.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang dibagikan oleh akun TikTok @alwijo.bless ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.  Tak sedikit yang dibuat penasaran dengan alasan Alwi yang melakukan perjalanan mudik dengan cara nebeng kendaraan lain.

Sebagai informasi, perjalanan yang dilakukan Alwi ini sengaja dilakukan karena ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda dari Lebaran di tahun-tahun sebelumnya. 

"Lalu gw jelasin perjalanan spiritual ini, bahwa gw pengen cari pengalaman, bukan kehabisan uang. Dia ingin mendengar ceritaku lagi, tapi gw harus tidur, sebab esok hari perjalanan panjang menanti," terang Alwi dikutip VIVA.co.id dari blog miliknya pada Selasa, 16 April 2024.

"Membuat sejarah dalam hidup," tulis warganet.

"15 tahun lalu, saya sama 1 temen cewek saya juga sempet nebeng abang truk dari Bali sampe Jateng (lupa mananya). itu bukan kami yang minta, malah dia yang nawarin karena gatega kami backpacking," seru lainnya.

"Ga bisa enak2an tidur kalo nebeng tp salut msh byk yg baik ngasih tumpangan," tandas lainnya.
"Tapi kalo emang bener dengan nebeng keren sih dengan nyalinya yang berani ga takut di apa apain," seru pengguna lain.

"Lau laki borrr ...... kebakaran abangkuh," sery lainnnya.

"Kenapa mobil pribadi 0.?Karena takut dibegal. Biasanya di Konoha," seru lainnya.

"Ini ada komunitasnya buat yg sudah biasa backpacker, namanya hitchhiker. Soalnya punya temen suka jalan jalan kemana mana main tunjuk jempol aja sampai ke destinasi," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya