Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Suasana evakuasi korban tercebur sumur di Purworejo.
Sumber :
  • VIVA | Eddy Suryana (tvOne)

Purworejo – Satu keluarga di Dusun Semawung, Rt. 1, Rw. 7, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, atas nama Wahyu Septiani (29), Wisnu Antoro (30), dan Samin (60), tercebur ke dalam sumur dengan kedalaman sekitar 8 meter pada Jumat 19 April 2024.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Satu korban atas nama Samin berusia 64 tahun, berprofesi sebagai buruh, tewas karena lemas kehabisan oksigen akibat berusaha turun ke dalam sumur untuk menolong anaknya, Wahyu Septiani, yang tercebur di dalam sumur.dan disusul oleh Wisnu Antoro. Alih-alih ingin menolong keduanya, korban ikut terjebak di dalam sumur akibat lemas. Diduga sumur tersebut mengandung gas beracun dan minim oksigen.

Peristiwa bermula saat korban, Wahyu Septiani (29) yang mempunyai riwayat depresi dicari suaminya, Wisnu Antoro (30). Setelah dicari ke mana-kemana, tidak ketemu. Ternyata istrinya tersebut sudah berada di dalam sumur. Spontan sang suami mencoba menolong istrinya dengan turun ke dalam sumur.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Akan tetapi, Wisnu Antoro tidak kuat akibat lemas kekurangan oksigen, sehingga mencoba meminta tolong kepada orang lain. Saat itu juga didengarlah oleh ayahnya, Samin (64). Tidak butuh pikir panjang, sang ayah berusaha menolong dengan cara turun ke dalam sumur. Akan tetapi sama saja, ketiga keluarga tersebut semua terjebak di dalam sumur dengan posisi lemas kekurangan oksigen.

Dengan sisa tenaga yang ada, salah satu korban yang terjebak di dalam sumur tersebut berteriak meminta tolong hingga terdengarlah oleh warga. Ketika warga melihat ada tiga orang di sumur, mereka langsung melapor ke petugas untuk bisa diberikan pertolongan dengan cepat.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Triman, petugas Kordinasi BPBD mengungkapkan, " Iya salah satu warga mendengar dan melihat kejadian itu. Lalu ada teriakan suara minta tolong, dan langkah pertama yang dilakukan adalah melapor ke petugas langsung."

Suasana evakuasi korban tercebur sumur di Purworejo.

Photo :
  • VIVA | Eddy Suryana (tvOne)

Petugas Polsek Purworejo juga langsung mendatangi TKP dan berkoordinasi dengan perangkat Desa Semawung dan menghubungi Petugas Damkar Kabupaten Purworejo, dan petugas medis Puskesmas Cangkrep, untuk melakukan evakuasi terhadap para korban.

Setelah berhasil dievakuasi, dua korban di antaranya ditemukan dalam keadaan selamat. Sedangkan satu korban atas nama Samin (64) sudah meninggal dunia di TKP (dalam sumur) akibat gagal pernapasan atau lemas kekurangan oksigen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, diameter sumur yang sempit serta kedalaman sumur ± 8 meter dan kondisi korban sudah lemas karena kurangnya oksigen, ketiga korban tidak bisa naik ke atas sumur.

Ketiga korban akhirnya berhasil dievakuasi setelah sekitar 40 menit berada di dasar sumur. Ketiganya dievakuasi dalam kondisi lemas karena kehabisan oksigen. Untuk kedua korban selamat langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Laporan: Eddy Suryana tvOne

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya