Video Detik-detik Malapetaka Longsor di Pertambangan Batu Bara

Bencana tanah longsor terjadi di area pertambangan batu bara di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Bencana tanah longsor terjadi di area pertambangan batu bara di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara. Ratusan ribu ton tanah yang seolah ambruk itu tak menyebabkan korban jiwa maupun luka, tetapi menenggelamkan enam unit alat berat tambang.

Helikopter Carakal TNI AU Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu

Longsor diduga terjadi di kawasan konsesi tambang PT Pipit Mutiara Jaya Kaltim pada Selasa pagi, 29 Oktober 2019. Area yang longsor yang menyerupai likuefaksi tanah di akses jalan tambang dari disposal menuju pit 9 Utara. 

Video longsoran viral lewat aplikasi percakapan Whatsapp dan media sosial. Dalam video viral berdurasi 0,21 detik terlihat tanah di lokasi tambang tiba-tiba bergerak mirip pencairan tanah atau likuefaksi tanah. Terdengar suara orang berteriak kaget melihat malapetaka tanah longsor itu.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Kementerian ESDM masih menginvestigasi penyebab longsor: karena fenomena alam atau kesalahan manusia. Polisi mewanti-wanti semua perusahaan tambang di sana agar berhati-hati dan menaati standar dan prosedur keselamatan kerja.

Simak dahsyatnya longsoran hingga menenggelamkan enam alat berat itu dalam video berikut ini:

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang
>
Tim gabungan membawa korban banjir yang sakit dari helikopter Bell BNPB menuju Pos Kesehatan di Pos Komando Utama Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu, 8 Mei 2024.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Sebanyak 27 korban yang sakit dari daerah terisolasi akibat banjir dan longsor dibawa menggunakan helikopter ke RSUD Batara Guru di Belopa, Luwu, Sulawesi Selatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024