VIDEO: Petinggi Kesultanan Selacau Bicara Dana Tak Terbatas di Swiss

Bambang Utomo, Ketua Majelis Tinggi Kesultanan Selacau.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Keberadaan perkumpulan masyarakat bernama Kesultanan Selaco atau Selacau di Kecamatan Parungponteng, Tasikmalaya, Jawa Barat, menarik perhatian publik luas, sama seperti Keraton Agung Sejagat di Purworejo dan Sunda Empire di Bandung.

Ini 5 Alasan Swiss Menjadi Tempat Teraman Perang Dunia 3

Namun, Kesultanan Selaco dalam beberapa hal dengan kerajaan-kerajaan fantasi itu. Kesultanan Selaco, menurut sang pemimpinnya yang mengaku keturunan kesembilan raja Pajajaran, Raden Rohidin, bukanlah semacam negara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia; Selaco hanyalah untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi-tradisi leluhur mereka.

Selaco juga mengklaim memiliki sumber pendanaan sendiri yang berasal dari Sertifikat Phoenix di bank Swiss melalui seorang yang ditugasi sebagai grantor (pihak yang menjual risiko) bernama Bambang Utomo. Dana itu disebut-sebut tak terbatas dan hanya dapat dicairkan oleh Bambang Utomo.

Hyun Bin-Son Ye Jin Mau Nikah, Kedubes Swiss Tawarkan Endorse Lokasi

Rohidin menegaskan, Kesultanan Selacau sudah mendapatkan pengesahan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 2018, yakni pengakuan warisan kultur budaya peninggalan sejarah kerajaan Pajajaran saat dipimpin oleh raja Surawisesa.

Perusahaan Swiss Produksi Peti Kapsul Bunuh Diri, Timbulkan Perdebatan
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi JInping.

Rusia Keluarkan Daftar Negara 'Musuhnya', Indonesia Tak Masuk

Meskipun otoritas Rusia tak menjelaskan alasan negara-negara masuk dalam daftar negara bukan teman namun pakar menilai bahwa langkah itu adalah respons sanksi.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022