Komunitas Ketimbang Ngemis Bali Rangkul Pengungsi

Komunitas Ketimbang Ngemis Bali.
Komunitas Ketimbang Ngemis Bali.
Sumber :

VIVA – Status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali yang belum normal membuat sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan zona merah masih harus terus mengungsi di posko hingga kini. Salah satu posko pengungsian yang menampung para warga di Karangasem adalah posko Di Desa Sibetan yang menampung kurang lebih 170 kepala keluarga yang kebanyakan berasal dari Dusun Kubu Pangi Jumutan.

Sebagai bentuk solidaritas dan simpati terhadap nasib para pengungsi Karangasem di Bali, maka Komunitas Ketimbang Ngemis Bali (KNB) mengadakan kegiatan bakti sosial yang dipusatkan di posko pengungsian Desa Sibetan pada Minggu, 28 Januari 2018. Rombongan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali yang berjumlah 12 orang berangkat dari Kota Denpasar, dan tiba di posko pengungsian Desa Sibetan pada pukul 11.00 Wita.

Rombongan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali diterima dengan baik oleh Bhabinkabtibmas Desa Sibetan, Aiptu I Nyoman Sueca. Beliau beserta jajaran kepolisian setempat menemani rombongan KNB dalam kegiatan bakti sosialnya. Dalam kesempatan ini, tim Komunitas Ketimbang Ngemis Bali membawa sejumlah bantuan sembako berupa beras, telur ayam, sayur-mayur seperti wortel, buncis, terong, kentang, jagung, dan lain-lain, minyak goreng, dan bumbu masak.

Karena di lokasi banyak terdapat anak-anak usia sekolah, para anggota KNB juga membagikan berbagai makanan ringan yang disambut antusias. Untuk menyemangati anak-anak usia sekolah  yang tinggal di posko pengungsian Desa Sibetan, tim KNB juga mengajak Kak Eka seorang relawan dari Komunitas Kampung Dongeng.

Kak Eka dengan gaya dan mimik wajah yang jenaka, sukses membuat tawa anak-anak di posko pengungsian pecah. Kak Eka beserta tim relawan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali hari itu turut berbaur bernyanyi dan bermain bersama-sama. Meski udara di posko pengungsian begitu terik, para relawan KNB mampu menyihir anak-anak untuk sejenak melupakan bahwa mereka sedang berada di posko pengungsian.

Selain di posko pengungsian Desa Sibetan, relawan Ketimbang Ngemis Bali mengunjungi lokasi pengungsi lainnya di Dusun Guwung, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Di lokasi kedua ini, tim KNB disapa hangat oleh Kapolsek setempat, Bapak Eko Waluyo.

Ditemui di sela-sela kegiatan bakti sosial KNB, Ketua Panitia kegiatan bakti sosial KNB, Selvi Rofika mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu meringankan beban para pengungsi erupsi Gunung Agung. Dan dengan adanya kegiatan ini, kami juga ingin anak-anak di lokasi pengungsian tetap ceria dan  tidak putus asa dengan bencana alam yang mereka hadapi.