Perkuat Komunitas Changemakers Melalui Unite #ForChange 2018

Campaign.com
Campaign.com
Sumber :

VIVA –  Campaign.com sebuah usaha sosial berbasis teknologi menggunakan Unite #ForChange sebagai tema tahun ini. Tujuannya untuk membangun komunitas inti yang kuat dari para Changemakers (sebutan untuk para pembuat perubahan) yang ada melalui serangkaian kegiatan, pelatihan, dan acara kolaborasi. Harapannya agar membawa dampak yang lebih besar dan berkelanjutan untuk menuntaskan beragam permasalahan sosial di Indonesia.
 
Dalam laporan tahunan pertamanya, Campaign.com menyebut sebanyak 61 persen Changemakers yang aktif bersama kegiatan Campaign.com fokus bergerak pada isu pendidikan. Selanjutnya, sebanyak 26 persen terlibat langsung pada permasalahan perubahan iklim, dan sisanya terlibat pada isu perubahan sosial lain seperti pemenuhan hak anak dan kesetaraan gender.  
 
“Kami bersyukur mayoritas Changemakers sangat peduli dengan isu-isu sosial seperti pendidikan dan perubahan iklim. Mengingat banyak isu sosial lainnya di Indonesia, kami berharap mereka juga dapat bekerja pada isu-isu sosial yang kurang terkenal seperti kesetaraan gender. Campaign.com akan terus membantu mereka melalui platform dan jaringan kami yang luas,” ujar Benjamin Xue, Chief Engagement Officer Campaign.com.
 
Melihat jumlah Changemakers dan gerakan sosial yang terus tumbuh di Indonesia, Campaign.com menemukan fakta bahwa banyak individu, organisasi, komunitas, dan kegiatan-kegiatan sosial bekerja sendirian tanpa bantuan orang lain ataupun berkolaborasi.
 
“Ini menjadi sebuah masalah, mengingat banyak dari mereka akan menyelesaikan persoalan yang sama meskipun dengan strategi yang berbeda. Tentu akan memberi dampak yang lebih besar jika sudah melakukan kolaborasi sejak awal,” tambah William Gondokusumo, CEO Campaign.com.
 
Unite #ForChange tidak hanya akan bermanfaat pada perusahaan besar, organisasi, komunitas, tapi juga untuk Changemakers perorangan yang baru memulai gerakan sosial yang memiliki sedikit jaringan dan bantuan. Kita bisa mencapai hal yang lebih besar dengan bekerja sama.  
 
Kegiatan di Unite #ForChange termasuk workshop bertujuan untuk melahirkan generasi Indonesia selanjutnya melalui sesi diskusi, sesi panel, acara-acara kolaborasi dengan beragam stakeholder lainnya. Penyebaran informasi melalui media sosial dan aplikasi Campaign.com di IOS dan Android akan sangat bermanfaat yang digunakan untuk mempertahankan dan memperkuat komunitas ini.
 
"Ini adalah berita baik untuk kami,” seru Sortalia dari Taman Baca Inovator. “Kami tidak sabar menanti. Kami memahami betapa pentingnya kekuatan kolaborasi yang akan berdampak besar untuk berbagai kampanye sosial yang sedang berlangsung dan yang akan datang, daripada bekerja sendirian,” tambahnya.
 
Campaign.com berdiri di Indonesia secara khusus untuk membantu para pembuat perubahan di seluruh dunia, memberdayakan mereka untuk dapat lebih mengatur kampanye. Campaign.com menjadi salah satu dari beberapa startups di Indonesia dengan misi sosial yang mendalam.
 
Sejak tahun 2015 sudah ada pembuat 31.000 perubahan yang bergabung dengan kami. Menyadari lebih dari 300 kampanye sosial dan memberdayakan lebih dari 200 generasi berikutnya dari pembuat perubahan di Indonesia. Mari kita berkolaborasi! (Tulisan ini dikirim oleh Fara, Media Officer Campaign.com)